blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Monday 11 May 2015

7 Kebiasaan Kecil yang Mengakibatkan Cepat Tua

Kulit wajah kusam, kendur dan berkerut padahal usia masih tergolong muda. Bagi anda terutama para wanita tentunya menjadi suatu momok yang menakutkan dan sedapat mungkin dihindari. Meskipun kita tahu bahwa proses penuaan itu pasti dan akan terjadi, beberapa dari kita mungkin akan memperlambatnya bahkan mencegahnya. Banyak makan buah, sayur sayuran dan menjaga gizi serta olahraga bahkan berbagai perawatan kecantikan adalah beberapa hal yang dilakukan.

Namun demikian tanpa kita sadari kebiasaan sehari hari yang tampaknya sepele ternyata berdampal besar memicu penuaan dini. Kebiasaan kebiasaan apa saja itu? Berikut infomasi selengkapnya.

Minum dari Botol dengan Sedotan


Kebiasaan pertama yang membuat cepat tua adalah kebiasaan meminum minuman kemasan botol dengan menggunakan sedotan. Bila selama ini kita menganggap minum dengan menggunakan sedotan plastic adalah hal yang biasa, namun ternyata hal tersebut tidak baik bagi kesehatan kulit. Sebab saat kita minum dengan sedotan otomatis mulut kita akan mengerucut. Inilah yang menimbulkan kerutan pada wajah terutama pada pipi anda.

Gesekan antara kulit, bibir dan sedotan akan menimbulkan kerutan disekitar mulut yang susah dihilangkan meski menggunakan facial sekalipun. Kerutan yang timbul saat menyedot minuman dengan sedotan menyamai apa yang dilakukan perokok ketika mereka menghisap rokoknya. Cara minum dengan meneguk langsung dari botol ternyata juga tidak baik. Karena saat meneguk langsung dari botol, bibir akan secara spontan akan mengerut menyesuaikan lebar lubang botol dan menyebabkan timbulnya garis garis dan kerutan pada bibir.

Dan jika terus menerus dibiasakan meminum air dari botol, lipatan lipatan akan terbentuk du bibir secara permanen yang tampak seperti kerutan. Untuk menghindarinya maka sebaiknya selalu gunakan gelas saat meminum. Jika minuman yang anda inginkan dikemas dalam botol tuangkanlah kedalam gelas. Meminum digelas atau wadah yang lebar akan membuat bibir bagian atas lebih rileks saat menyeduh air.

Berlama lama diruang ber AC

Kebiasaan lainnya yang membuat kita cepat tua adalah kebiasaan berlama lama ditempat ber AC atau penyejuk ruangan. Berdiam diri diruangan ber AC adalah suatu hal yang nikmat dan nyaman apalagi suhu udara sedang panas panasnya. Tapi sadarkah kita jika terlalu lama berdiam di ruangan ber AC mempunyai pengaruh yang tidak baik bagi kesehatan kulit.

Jika suhu udara yang terlalu dingin menerpa tubuh dalam jangka waktu yang lama ternyata dapat menimbulkan penuaan pada kulit. Bahkan pendingin ruangan central yang sering kita gunakan bisa membuat kulit kering dengan cepat. Alhasil kulit menjadi tidak sehat dan akan menimbulkan banyak keriput dan pasti akan mengurangi keindahannya.

Udara dingin yang dikeluarkan AC adalah udara kering yang dihasilkan oleh kondinasi Freon. Udara tersebut tidak mengandung air bahkan justru relative menyerap kelembaban lingkungan disekitarnya. Tak pelak lagi kandungan air yang ada dilapisan kulit kita ketika berada di ruangan ber AC pun akan terserap. Namun kulit kering akibat ruangan AC dapat dicegah dengan tindakan yang sangat sederhana yaitu perbanyak meminum air putih dan perawatan kulit menggunakan lotion untuk menjaga kelembaban kulit.

Sering Mendengarkan Musik Dengan Earphone

Kemajuan teknologi memang selalu berinovasi termasuk teknologi earphone, mp3, atau mp4 player yang memungkinkan anda mendengarkan music kemanapun dan kapanpun. Namun tahukah anda jika mendengarkan music dengan menggunakan earphone terlalu sering bisa mengakibatkan kerusakan bagi kualitas pendengaran. Tidak ada satu halpun yang bisa membuat anda merasa lebih tua dari menyadari bahwa pendengaran anda sudah tidak lagi maksimal.

Kehilangan pendengaran adalah gejala umum penuaan tapi sebagian dari kita kehilangan pendengaran karena mendengarkan music terlalu keras melalui earphone meski mendengar music dengan volume sedang tidak menimbulkan kerusakan yang parah.

Namun sebuah studi menunjukkan bahwa mendengarkan music dapat mempengaruhi pendengaran untuk sementara waktu, sementara sebagian peneliti lainnya mengatakan mendengarkan music yang terlalu keras dapat mengakibatkan kerusakan pendengaran permanen. Hasil penelitian menunjukkan ketika alat pemutar music digital yang disambung dengan earphone diputar pada volume optimal atau maksimal telinga hanya boleh terpapr lima menit perhari. Jika lebih dari waktu yang ditentukan maka resiko yang terjadi akan lebih besar.

Penggunaan Sabun yang Mengandung Zat Kimia

meski anda berpikir sabun adalah teman terbaik untuk kulit, namun kenyataanya tidak semua itu benar. Alasannya adalah kulit mempunyai lapisan asam yang merupakan pelindung alami. Ketika anda membersihkan kulit dengan sabun yang mengandung alkali maka sabun tersebut akan membuang lapisan pelindung yang mengandung minyak dan mengakibatkan pengeringan kulit yang pada akhirnya membuat kulit anda keriput.

Tak hanya itu , beberapa sabun wajah yang memiliki kandungan deterjen yang kasar dapat menghapus pelembab alami kulit. Inilah yang mengakibatkan kekeringan pada wajah, peradangan bahkan iritasi dan lama kelamaan kulit akan mengendur dan kusam.

Untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya anda memilih sabun yang dibuat dari bahan yang lebih halus agar tidak mengurangi atau menghilangkan minyak pada wajah. Cobalah memilih sabun dengan bahan netral dan sabun tanpa zat kimia. Perlu diingat juga sebaiknya anda jangan terlalu berlebihan saat membersihkan kulit wajah anda dengan penggunaan sabun. Mencuci wajah dengan terlalu sering akan mengikis pelindung alami. Jika sabun wajah anda tidak mengandung bahan pelindung atau pelembab kulit sebaiknya pilihlah cairan pembersih muka daripada menggunakan sabun.

Posisi Tidur Yang Salah

Posisi tidur anda juga menentukan keadaan kulit, posisi tidur yang miring ke kanan atau kekiri semalaman akan membuat kulit anda tertekan bantal dan kekurangan oksigen. Dan ketika anda bangun dari tidur kulit menjadi tidak segar. Jika tidur hanya dengan satu posisi kebiasaan anda hal ini dapat beresiko menimbulkan kerutan dikulit sekitar mata.

Selain itu wanita yang biasa tidur dengan posisi menyamping juga cenderung memiliki kerutan di sepanjang sisi hidung, kantung mata yang gelap diakibatkan oleh sirkulasi darah yang buruk dan benjolan merah disekitar wajah yang disebabkan oleh deterjen dan pelembutan kain yang digunakan untuk mencuci sarung bantal.

Tak hanya tidur dengan menyammping saja yang dapat mengganggu kesehatan kulit. Jika anda tidur dengan wajah menghadap kebawah atau arah perut maka proses keriput pada wajah anda akan lebih cepat. Hal itu dikarenakan gaya gravitasi membuat aliran darah tertarik kebawah dan matapun akan terlihat membengkak. Jika hal ini terjadi tiap malam kulit bisa kehilangan elastisitas kolagen dan terbentuklah kantung mata yang membuat seseorang lebih tampak tua.


Jika posisi tidur anda tidak bisa dirubah dari posisi tidur yang menyamping maka sebaiknya tangan anda diletakkan dibawah kepala sebagai bantal untuk tidur. Hal ini bisa mencegah hal yang terjadi pada ulasan yang diatas.
Share:

2 comments:

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com