blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Friday 27 March 2015

Pantai Balekambang, Tanah Lotnya Malang

Ada Pura diatas batu besar dan terletak di pantai , mungkin yang ada dalam pikiran anda adalah tanah lot Bali, tapi jangan salah, di malang juga ada pura seperti itu. Ini dikarenakan lokasi malang yang berdekatan dengan gunung Bromo dimana sukunya merupakan suku tengger yang menganut agama hindu. Ada beberapa kesamaan antara tanah lot bali dengan balekambang, seperti pura yang berada diatas batu karang, masyarakat setempat yang menganut agama hindu dan keindahan sunsetnya.

pantai balekambang


Sejarah pertama kali pantai ini disinggahi oleh masyarakat pada tahun 1978, pembukaan akses jalan menuju ke pantai ini yang dilakukan oleh kades srigonco tukiran semakin menarik masyarakat luas dan juga bupati malang saat itu Eddy selamet. Hingga akhirnya pantai ini diresmikan pada tahun 1983. Pantai Balekambang terletak di desa srigonco kecamatan bantur yang berjarak 70 kilometer arah selatan kota malang. tidak ada transportasi umum yang kesini jadi anda harus membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari kepanjen.

Pantai balekabang ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai pantai lain di jawa timur. Suasananya yang masih asri, pantainya yang bersih dari kotoran, dan sunsetnya yang sangat indah membuat pantai ini nyaman dinikmati. Panjang pantai yang mencapai 2 kilometer dan lebar 200 meter membuat anda leluasa berlari lari di sepanjang pantai. Ketika air laut sedang surut anda bisa melihat aneka karang dan biota laut yang sedang berkumpul. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar.

Di Pantai Balekambang terdapat 3 pulau yang berjajar kea rah barat dan dinamai berdasarkan karakter wayang , yaitu pulau ismoyo, pulau wisanggeni, dan pulau anoman. Pulau ismoyo terdapat sebuah pura yang terhubung ke bibir pantai. Puranya bernama pura amerta jati. Pura ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan pura pura hindu lainnya. Pura ini lebih seperti candi.

Pura amerta jati di bangun pada 1985 atas perintah bupati malang saat itu yaitu pak Eddy slamet. Desain dari pura dibuat seperti tanah lot yang ada di bali. Pura ini akan ramai pengunjung ketika hari hari besar umat hindu seperti suroan dan jalanidha puja . bagi umat hindu pura ini sangat disucikan karena tempat ini sering digunakan untuk kegiatan keagamaan. Pura ini akan terlihat cantik ketika matahari sedang terbenam.
pantai balekambang


Fasilitas di pantai balekamnang sudah cukup bagus yang dibutuhkan wisatawan. Mulai dari warung makanan, restoran, took souvenir, penginapan, musholla dan flying fox. Namun wahana flying fox Cuma ada pada weekend saja. Tiket masuk Pantai Balekambang sebesar Rp 15.000. dana tiket masuk nanti digunakan untuk perawatan dan kebersihan Pantai Balekambang.
Share:

2 comments:

  1. Templatenya keren gan , bagi bagi dong :) salam kenal gan kunjungan perdana

    ReplyDelete

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com