blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Thursday, 19 March 2015

Parang Kursi, Pantai yang Masih Perawan di Banyuwangi

Banyuwangi memang tidak pernah kehabisan tempat wisata, satu lagi tempat wisata yang masih dibilang baru di banyuwangi adalah pantai parang  kursi. Pantai ini masih terdengar asing bagi masyarakat banyuwangi, karena pantai ini kalah pamor dengan pulau merah. Tapi keindahannya tidak kalah bagus dengan pulau merah. Lokasinya yang tersembunyi dan tidak ada sarana prasarana yang menuju ke Parang Kursi membuat pantai ini sepi akan pengunjung dan masih asri.

banyuwangi


Asal usul nama Parang Kursi dikarenakan adanya karang besar yang berbentuk seperti kursi. Akhirnya bupati Abdullah azwar anas meresmikan nama pantai ini menjadi pantai Parang Kursi. Ada mitos di balik karang besar yang ada di bibir pantai Parang Kursi. Konon, nyi roro kidul muncul ke dunia ini dari dunia jin di tempat ini. Anehnya air yang menyembur di batu ini rasanya tidak asin, melainkan tawar.

Keindahan pantai Parang Kursi diantaranya adalah air lautnya yang sangat jernih, pasirnya yang putih kemerah merahan, dan hijaunya lumut yang menempel di batu karang, serta karang karang besar yang tersusun secara rapi membuat pantai ini terlihat indah. Keasrian alamnya yang masih perawan membuat suasana menjadi tenang. Di iringi oleh desiran ombak pantai yang menyembur di atas batu karang.

Pantai Parang Kursi terletak di kecamatan pesanggaran banyuwangi. Dan berada di antara pulau merah dan pantai lampon. Akses menuju pantai ini cukup ekstreme karena pantai ini masih alami sehingga tidak ada jalan yang memadai. Anda akan melewati semak belukar, hutan, bukit yang terjal dan area tambang emas yang tandus. kendaraan khusus seperti motor trail bisa mempermudah perjalanan anda di track ini.

Lokasinya yang berada diantara pantai lampoon dan pulau merah ini, paling mudah dicapai lewat pantai lampoon.  Kendaraan anda harus dititipkan di pantai lampoon dan melanjutkan perjalanan  dengan berjalan kaki mengikuti petunjuk yang telah ada. Anda juga akan perlu perahu untuk menyebrangi sungai. Setelah menyebrangi sungai anda masih berjalan sekitar 1 KM lagi untuk sampai ke tempat ini.

Setelah sekian lama berjalan kaki menelusuri hutan, semak belukar, gigitan nyamuk hutan , dan teriknya sinar matahari. Anda akan sampai di lokasi. Dengan melihat keindahan Parang Kursi yang menawan, rasa capek dan letih anda akan hilang seketika. Anda malah ingin berlari menyusuri pantai yang hanya ada dirimu dan temanmu. Sungguh indah ciptaan tuhan.

Dan Jangan lupa akan kata kata di bawah ini.  

“ do not leave anything but footprint!!
Do not take anything but picture!!”

Berikut ini foto foto Parang Kursi

banyuwangi

banyuwangi

banyuwangi

banyuwangi

Share:

8 comments:

  1. Baruuu banget ya pantainyaa?? Fotonya kerennnn. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. hehe
      banyuwangi emang keren keren

      Delete
  2. selalu kagum sama tulisan tulisan kamu tentang hidden beach di banyuwangi. niat banget gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak. aku cuma mau promosiin banyuwangi hehe

      Delete
  3. bang tiap postingan dikasih map donk bang...terima kasih :)

    ReplyDelete
  4. Itu kalo dri lampon kan katanya harus naik perahu, naa apa di sana di sediai perahunya juga ?

    ReplyDelete
  5. waduh akses nya agak sulit dari green bay ya...

    ReplyDelete

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com