blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Saturday 24 September 2016

Merasakan Manfaat Berendam Air Soda yang Hanya Ada di Indonesia

Mendengar kata air soda, pasti kita langsung membayangkan minuman dengan banyak gelembung yang disebabkan oleh karbonasi. Namun, pernakah anda mendengar kolam atau pemandian air soda?

kolam air soda tarutung
Gelembung yang keluar dari dasar kolam

Bagaimana bisa air soda yang biasa kita minum menjadi pemandian, tentunya membutuhkan ribuan liter air soda untuk bisa dijadikan sebuah kolam atau pemandian. Faktanya, kolam itu benar - benar ada dan hanya ada di Indonesia tepatnya kolam unik ini berada di Kaki Bukit Parbubu, Tarutung, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Kolam yang dijuluki ‘Aek Rara ‘ ini bukanlah buatan manusia, melainkan murni keluar dari sumber di kaki Bukit Parbubu. Meskipun aroma dan bergelembung seperti air soda namun air ini tidak lengket di kulit.
pemandian air soda tarutung
Plang pemandian air soda

Air yang muncul dari dasar kolam akan mengeluarkan gelembung - gelembung yang menyebar ke seluruh penjuru kolam. Apabila kita menyeburkan diri ke kolam, maka akan timbul gelembung - gelembung yang mengelilingi kita.

Di dunia ini, konon hanya ada dua kolam yang memiliki air soda. Yang pertama ada di benua amerika, tepatnya di venezuela, dan satunya lagi ada di Indonesia.

Tak perlu takut untuk berenang di dalam kolam ini karena air soda tersebut tidak berbahaya, malah mengandung khasiat untuk kesehatan tubuh seperti menyembuhkan berbagai macam penyakit. Menurut Minar Shite, penemu air soda jika mandi di pemandian air soda ini dapat mejadi obat mata dan obat gatal - gatal. Dan kalau pengunjung meminumnya dapat menjadi obat rematik, pengapuran dan asam urat. Apa yang dikatakan oleh Minar tersebut tidak serta merta keluar dari mulutnya atau mitos melainkan hasil dari uji lab dokter Bandung dan Yogyakarta.

Keunikan lain dari air soda ini adalah rasanya yang mirip dengan air soda yang biasa kita minum. Selain berendam dan meminum air soda, pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan hamparan sawah dan jajaran bukit yang hijau dan memanjakan mata. Meskipun udara di sekitar kolam segar dan asri, pengunjung tidak perlu khawatir kedinginan karena air soda disini dapat menghangatkan tubuh anda.
panorama pemandian air soda
Panorama di sekitar kolam

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com