blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Saturday 24 September 2016

8 Varian Nasi Goreng yang Populer di Indonesia

Nasi Goreng adalah salah satu makanan terlezat di dunia yang dimiliki oleh Indonesia. Cara membuat nasi goreng yang cukup mudah membuat semua orang bisa menyajikannya namun cita rasanya berbeda - beda. Meskipun tampak mudah, nasi yang digoreng didalam minyak lalu ditambah kecap manis atau saos tomat, asam jawa, dan bawang goreng ini memiliki varian yang banyak tergantung dari lauk yang ditambahkan.

Karena kemudahannya tersebut, kita dapat menemui penjual Nasi Goreng di seluruh pelosok Indonesia bahkan di negara - negara asia seperti singapore, thailand, dan malaysia. Dan baru - baru ini salah satu mantan pemain Manchester United, Rio Ferdinand berbagi ceritanya di Twitter terkait pengalamannya mencicipi masakan khas Indonesia di Singapore.karena cuwitannya tersebut, twitter Rio Ferdinand ramai diperbincangkan netizen Indonesia karena captionnya yang menyebut Nasi Goreng adalah masakan lokal Singapore.

Singapore sendiri memiliki varian yang berbeda dengan yang ada di Indonesia, namun tahukah anda apa saja varian Nasi Goreng yang ada di Indonesia? Berikut ini varian atau jenis Nasi Goreng yang ada di Indonesia :

Nasi Goreng Jawa


Nasi Goreng khas jawa ini memiliki cita rasa yang pedas karena campuran bumbu sambel ulek. Contoh Nasi Goreng Jawa adalah Nasi Goreng Surabaya yang warnanya merah kecoklatan dengan campuran lauk suwiran ayam potong dan irisan telur dadar, Nasi Goreng Babat Semarang yang dicampuri lauk babat dengan warna agak kecoklatan, Nasi Goreng Kampung Yogyakarta yang warnanya merah tua yang diberi lauk telur mata sapi dan ayam kampung dan terakhir Nasi Goreng Jawa Tengah yang warnanya merah muda dengan lauk sayuran kol dan suwiran ayam kampung.

Nasi Goreng Ikan Asin


Nasi Goreng Ikan Asin adalah salah satu varian Nasi Goreng yang cukup terkenal di Indonesia karena cita rasa asinnya yang semakin membuat Nasi Goreng nikmat. Rasa asin tersebut berasal dari bahan utamanya yang menggunakan Ikan Asin.

Nasi Goreng Kambing


Bagi anda yang tidak terlalu menyukai asin, anda juga bisa merasakan nikmatnya Nasi Goreng Kambing yang berbahan utama daging kambing. Potongan daging kambing yang dicampurkan dalam Nasi Goreng menimbulkan aroma dan cita rasa yang khas. Biasanya menu ini dijual di sekitar perkampungan arab yang menyukai daging kambing.

Nasi Goreng Seafood


Nasi Goreng ini biasanya dijual di sekitar pantai karena Nasi Goreng ini dicampur dengan berbagai macam seafood seperti udang, cumi, kepiting dan lain sebagainya.

Nasi Goreng Sunda


Seperti namanya, Nasi Goreng ini dibuat oleh orang sunda. Yang khas dari Nasi Goreng ini adalah warnanya yang kekuning - kuningan dan pedas, hal ini dikarenakan tambahan bumbu kunyit dan kunir.

Nasi Goreng Mawut


Memiliki nama yang unik, Nasi Goreng Mawut ini kaya akan lauk karena banyaknya campuran lauk seperti mie, kol, beberapa sayuran hijau, dan suwiran daging ayam yang digoreng bersama. Serta tambahan beberapa bumbu - bumbu dapur untuk memperkuat rasa dari Nasi Goreng ini. Biasanya Nasi Goreng ini dijual di warung Nasi Goreng Jawa.

Nasi Goreng Jancuk


Nasi Goreng ini berasal dari Kota Pahlawan Surabaya. Nasi Goreng ini memiliki cita rasa yang super pedas dan porsi yang banyak, bahkan satu porsi bisa untuk 4-5 orang. Saking pedasnya Nasi Goreng ini membuat orang yang menyantapnya berkata kotor (Misuh) ala suroboyoan yaitu ‘Jancuk’.

Nasi Goreng Spesial


Dinamakan Nasi Goreng Spesial karena Nasi Goreng ini diperuntukkan orang - orang yang spesial seperti orang yang ingin tambahan campuran yang komplit. Campuran tersebut berupa telur dadar, suwiran ayam, sosis, seafood dan lain-lain.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com