blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Monday 30 March 2015

Air Terjun Jagir, Wisata Baru di Banyuwangi

Wisata apa yang tidak ada di banyuwangi? Hampir berbagai macam wisata ada di kota yang berjuluk The Sunrise Of Java ini. Mulai dari pantai, gunung, hutan, kuliner, dll. Salah satu yang terbaru di banyuwangi adalah air terjun. Banyak air terjun bagus di banyuwangi. Salah satunya adalah air terjun Jagir yang ada desa kampung anyar kecamatan glagah. Sebelah barat desa kemiren.

air terjun jagir


Sejak dari dulu wisata air terjun ini sudah, namun akses menuju kesana kurang baik dan belum tertata dengan baik. Karena visi dan misi kabupaten banyuwangi sekarang yang ingin mengembangkan ecotourisme nya akhirnya wisata ini di perbaiki oleh warga sekitar. Mulai dari fasilitas dan aksesnya sudah diperbaiki sedemikian rupa sehingga air terjun jagir layak untuk dikunjungi.

Kebanyakan wisatawan yang baru turun dari kawah ijen mampir ke air terjun ini untuk menyegarkan tubuh setelah melakukan pendakian yang cukup melelahkan untuk melihat bluefire. Segarnya air terjun ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Percaya atau tidak tergantung anda masing masing.

Beberapa fasilitas seperti lahan parkir, warung dan toilet sudah ada disini. Jadi jangan khawatir soal fasilitas.

Air terjun jagir memiliki sebutan lain yaitu air terjun kembar atau air terjun bersaudara. Meskipun letaknya berada di bawah jalan. Masih ada orang yang tidak menyadarinya. Padahal jalan kaki 5 menit saja sudah sampai. Air terjun jagir ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Jarak kota banyuwangi ke air terjun jagir sekitar 15 KM. tapi jika anda berada di kampung anyar anda hanya butuh 15-20 menit perjalanan menggunakan sepeda motor. Kondisi jalan menuju air terjun sudah bagus.

Untuk masuk ke wisata air terjun pengunjung tidak akan dikenai biaya tiket hanya ada biaya parkir sebesar Rp 2000 saja. Setelah memarkir sepeda pengunjung harus berjalan kaki menuruni anak tangga tanah yang dibatasi oleh bamboo. Menelusuri pepohonan sampai bertemu persimpangan yang ada anak panahnya. Jika ke kiri menuju air terjun kethegan sedangkan yang kanan akan menuju lokasi air terjun jagir.



Share:

1 comment:

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com