blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Wednesday, 5 August 2015

25 Info Lengkap Tempat Wisata di Banyuwangi

Banyuwangi memiliki segudang Tempat Wisata yang keren dan indah. kabupaten yang berada di ujung timur pulau jawa ini memiliki luas yang besar sehingga banyuwangi memiliki banyak tempat yang patut anda kunjungi jika berwisata ke kabupaten dengan sebutan kota gandrung ini. karena luasnya ini anda memerlukan waktu yang banyak untuk bisa menelusuri setiap sudut kota ini. letak tempat wisata satu ke tempat wisata lainnya berjarak puluhan kilo sehingga bisa menguras energi anda. berikut ini informasi Tempat wisata di Banyuwangi

1. Pulau merah





Pantai pulau merah adalah salah satu primadona Banyuwangi yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Yang membuat beda dari pantai ini adalah adanya sebuah pulau yang terletak di bibir pantai. Keberadaan pulau ini membuat pantai ini semkin eksotis dan menjadi asal mula nama Pulau Merah.

selain pemandangannya yang bagus, gulungan ombaknya yang lumayan besar juga menjadi daya tarik lainnya, tak heran jika banyak surfer pemula atau menengah berselancar di pantai ini.
karena itulah, pantai ini dijadikan tempat untuk menyelenggarakan event tahunan Internasional surfing competition yang diikuti oleh 20 surfer dari berbagai Negara.

Satu lagi yang tidak kalah mencuri perhatian mata yang sayang sekali untuk dilewatkan, yaitu pemandangan saat matahari terbenam atau sunset . warna orange dengan kebiruan yang sangat cantik terbenam diantara bukit akan memanjakan mata kita.



2. G-Land


Pantai Plengkung atau lebih dikenal dengan nama G-Land merupakan salah satu destinasi faforit wisatawan dari berbagai negara, terutama bagi mereka yang memiliki hobi berselancar. pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu destinasi surfing terbaik di dunia karena gulungan ombaknya yang sangat besar.

Pantai Plengkung dijuluki “The Seven Giant Waves Wonder" oleh peselancar asing karena memiliki 7 gulungan ombak yang memiliki ketinggian hingga 6 meter.

G-Land menjadi idaman dunia surfing internasional dan mempunyai ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii. Untuk mendapatkan ombak terbaik pantai pelengkung, peselancar harus tau bulan – bulan yang pas karena tidak disetiap bulan ombaknya besar, hanya ada di bulan-bulan tertentu antara April hingga Agustus.



3. Teluk Hijau



pantai teluk hijau atau nama kerennya green bay merupakan destinasi faforit di banyuwangi. Keindahan alamnya sudah tidak diragukan lagi, hutannya yang masih asri dan pantainya yang masih bersih membuat suasana menyegarkan. Tak heran jika masih ada hewan hewan yang berkeliaran di sekitar pantai meskipun banyak pengunjung yang berkunjung di teluk hijau. Salah satunya adalah monyet, pengunjung diharapkan berhati hati dengan hewan yang satu ini karena hewan ini bisa mencuri barang barang anda.

selain pantai disini juga terdapat air terjun yang langsung mengarah ke pantai. Konon katanya air terjun ini pernah disinggahi bidadari untuk mandi. Hal itu juga dimanfaatkan pengunjung menggunakan air terjun ini untuk membilas tubuh mereka setelah berenang di pantai.



4. Pulau Tabuhan



Pulau yang tidak berpenghuni ini berada di 20 km dari pusat kota Banyuwangi, dengan luas pantai sekitar 5 hektar, pulau ini terletak di antara pulau Bali dan Pulau Jawa. Berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Tabuhan merupakan pulau eksotis, pulau ini diselimuti oleh pasir putih yang indah. Di bawah lautnya anda bisa menemukan Coral dan beberapa biota laut yang menghiasi keindahan bawah lautnya. Selain pemandangan yang indah, pulau ini menjadi surga baru bagi pecinta olahraga air ekstrim yaitu kitesurfing dan Windsurfing.



5. Kawah Ijen



Terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan bondowoso. gunung ini sangat menawarkan keindahan yang sangat mengagumkan. selain keindahan kawahnya, Ijen juga terdapat blue fire atau api biru yang hanya ada dua di dunia. Penambang yang sedang mengambil dan mengangkut belerang membuat pemandangan semakin menarik.

untuk bisa melihat keindahan blue fire, wisaatawan harus menunggu hingga dini hari. Biasanya wisatawan memulai perjalanan dari pos paltuding pukul 1 dini hari karena pada jam itu baru boleh di ijinkan melakukan pendakian. Penampakan bluefire akan terlihat sampai jam 5 an. Setelah itu blue fire tidak akan terlihat lagi karena kalah dengan cahaya matahari.



6. Air Terjun Lider



air terjun lider merupakan salah satu air terjun yang masih alami di banyuwangi. Terletak di lereng gunung raung membuat suasana di air terjun ini menyejukkan. Dengan ketinggian terjunan airnya yang mencapai 60 meter membuat air terjun ini salah satu air terjun tertinggi di banyuwangi. Percikan airnya yang memantul dan terkena sinar matahari akan memunculkan warna pelangi yang indah sehingga membuat pemandangan semakin menakjubkan.




7. Pantai Boom


Letaknya yang berada di pusat kota banyuwangi membuat pantai boom menjadi salah satu destinasi yang mudah untuk dikunjungi. Anda bisa menggunakan sepeda atau berjalan kesana jika posisi anda berada di alun alun blambangan.

Pantainya yang berpasir hitam yang bersih tidak kalah dengan pantai yang berpasir putih, ditambah dengan latarbelakang pulau Bali yang bagus ini. selain bisa menikmati keindahan pantai pengunjung juga bisa mencoba fasilitas - fasilitas yang tersedia di pantai boom seperti payung teduh dan berkuda.

Selain sebagai destinasi wisata andalan Banyuwangi, pantai boom juga sering dijadikan tempat penyelenggaraan event besar seperti tarian kolosal gandrung yang ditarikan oleh 1000 lebih penari gandrung yang bertajuk Sewu Gandrung dan Banyuwangi Beach Jazz Festival adalah event JAZZ pantai pertama dan satu – satunya di Indonesia yang diadakan di Pantai Boom Banyuwangi.



8. Wedi Ireng



pantai wedi ireng merupakan replika kecil dari raja ampat di papua karena sejauh mata memandang akan terlihat tebing tebing yang memutari pulau, Disana juga terdapat pulau pulau kecil. Pantai ini masih tergolong asri, itu terlihat dari medan yang dilalui. Jika anda melalui jalur darat anda akan melewati medan yang sangat berat dan susah karena anda harus melewati hutan dengan jalan yang berlumpur. Anda juga harus mendaki sampai ke ujung bukit lalu menuruninya. Namun percayalah, perjalanan anda tidak akan sia sia jika sudah sampai ke di pantai. Air lautnya yang masih jernih dan berwarna biru serta bibir pantai yang dikelilingi pepohonan hijau memberikan suasana teduh.

dalam bahasa jawa arti dari pantai wedi ireng adalah pantai pasir hitam namun kenyatanyaannya pasir disini paling dominan adalah pasir putih. Deretan karang di tepi Pantai semakin menambah pesonanya. Di salah satu sisi Pantainya terdapat sebuah batu berukuran sangat besar yang menjadi landmark Pantai Wedi Ireng ini.



9. Watu Dodol



Pantai watudodol merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Banyuwangi, letaknya yang sangat stategis di jalur poros Pantura menjadikan pantai ini ramai dikunjungi. Batu besar dengan diameter 15 meter dan tinggi sekitar 10m yang tepat di tengah jalan yang ditandainya tempat ini berjuluk Watudodol, Watu dalam bahasa jawa yang berarti batu dan dodol adalah jenang, jenang dodol merupakan jajanan khas yang terbuat dari ketan yang rasanya manis berbentuk persegi panjang.

Pantai watu dodol memiliki banyak tempat menarik sepanjang pantai terdapat pedestrian untuk bersantai para pengunjung sambil menikmati keindahan pantai berlatar belakang pulau bali. Selain itu terdapat patung gandrung besar yang menjadi ikon Banyuwangi.



10. Bangsring Under Water (Bunder) / Rumah Apung


Bangsring Underwater. Pantai yang terletak di dusun krajan, desa bangsring, kecamatan wongsorejo ini memiliki keindahan bawah laut yang indah. Pantai ini sangat cocok bagi anda pecinta olahraga snorkeling . Pengunjung bisa menikmati keindahan biota dan tanaman laut yang lumayan bagus.

Selain terumbu karangnya yang indah, disini juga ada ikan hias yang menghiasi perairan di Bangsring Underwater. Mereka berenang menari nari diatas coral yang ada disini. Coral disini tebagi menjadi dua, yaitu soft coral dan hard coral yang masih terjaga dengan baik. Dan menjadi tanaman yang indah bagi 500 jenis ikan hias perairan ini. Namun dari 15 spesies yang tersebar dalam perairan ini, yang paling banyak diminati adalah jenis angel. Dan yang paling banyak diburu adalah ikan jenis betok. Stoknya yang melimpah membuat jenis ikan betook dibutuhkan dalam jumlah yang banyak.



11. Baluran


Inilah hamparan savana terluas di Pulau Jawa, membuat Anda yang berkunjung ke sini serasa berada di Afrika. Di Baluran tersaji sungguhan alam menakjubkan ketika ratusan rusa berlarian menuju kubangan air, merak jantan melebarkan ekornya untuk menarik perhatian sang betina, puluhan kerbau besar yang gagah, belasan elang mencari makan, hingga lutung dan makaka yang bergelantungan. Belum lagi pepohonan khas Baluran yang mirip pohon pinang dan berbuah sekali seumur hidup sebanyak 1 ton untuk kemudian mati. Pohon pilang yang berbatang putih dan rimbun, bila Anda mengamatinya secara seksama maka mirip pohon di film “Avatar” serta pohon bekol yang rindang mirip beringin dengan nuansa magis.



12. Sukamade


Berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB),Pantai Sukamade merupakan salah satu dari Triangle Diomond Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk mencapai pantai ini memang penuh dengan perjuangan karena kawasan Sukamade Dikenal memiliki Jungle track yang sangat esktrem dengan pemandangan alam yang masih sangat dan eksotis.

Suasana yang tenang,hutan tropis alami Pantai sukamade menjadi tempat favorit bagi para penyu mendarat dan bertelur, pantai ini juga disebut sebagai istana penyu karena banyaknya penyu yang mendarat di pantai ini, bahkan dari 6 penyu yang ada di dunia 4 diantaranya mendarat disini yaitu Penyu Slengkrah, Penyu Belimbing , Penyu Sisik dan penyu hijau.

Banyaknya penyu yang mendarat dan bertelur, menjadikan pantai sukamade sebagai tempat penangkaran telur penyu dan melepaskannya kembali ke habitatnya setelah tukik - tukik yang menetas siap untuk dilepaskan. wisatawan tak hanya bisa melihat saja, anda juga bisa turut serta dalam pelepasan tukik. untuk melihat tukik - tukik bertelur wisatawan harus menunggu hingga malam hari karena biasanya tukik mendarat di pantai sekitar jam 19.30. sekali bertelur tukik - tukik ini bisa menghasilkan telur hingga ratusan dan akan kembali ke laut pada jam 24.00 . penyu - penyu ini tidak setiap hari mendarat di pantai ini hanya pada bulan - bulan tertentu. penyu betina akan sering mendarat saat bulan november.

13. Sadengan



Padang Rumput atau savana Sadengan adalah padang rumput dengan luas 80 hektar, dan merupakan padang rumput semi alami di Banyuwangi dan masuk dalam teritori Taman Nasional Alas Purwo. Disebut padang rumput semi alami karena keberadaan padang rumput ini tidak berlangsung secara alami, dimana terbentuk karena kerusakan hutan sehingga membentuk hamparan rumput yang luas.

Satwa yang hidup di padang rumput ini merupakan penggabungan antara Greezer atau satwa yang merumput di savana Sadengan, dan Browser atau yang makan tumbuhan di dalam hutan. Berbagai spesies bisa di temukan di padang ini seperti; Banteng (Bos javanicus), Rusa (Cervus timorensis), Ajag (Cuon alpinus), Kijang (Muntiacus muntjak), Babi Hutan (Sus scrofa), Macan Tutul (Panthera pardus).



14. Blimbingsari


Pantai Blimbingsari terletak di Kecamatan Rogojampi, berjarak 23 km dari kota Banyuwangi. Sarana jalan menuju Pantai ini sudah baik. Kendaraan umum juga sudah ada. pantai ini juga dekat dengan bandara blimbingsari. mungkin setelah anda mendarat di banyuwangi anda bisa menikmati pantai yang satu ini.

Blimbingsari juga terkenal dengan wisata kuliner ikan bakar. Upacra petik laut biasanya diadakan setiap bulan Suro. selain itu di pantai ini anda juga bisa melihat keindahan sunrise dan melihat para nelayan pulang dari melaut.



15. Pantai Mustika


Keistimewaan dari pantai mustika adalah pantainya masih bersih dan alami, selain itu panjang pantai hampir mencapai 2 KM membentuk setengah lingkaran dan ditengah tengahnya ada pulau mustaka. Rencananya pantai mustika akan dibagi menjadi dua bagian yaitu public dan private agar semua kalangan bisa menikmati. Hal ini dilakukan karena permintaan wisatawan menengah keatas yang menginginkan duduk santai dan ngopi dengan suasana yang tenang.

Ombak di pantai mustika tidak terlalu besar, cukup aman bagi anda yang mengajak anak anaknya bermain di pinggir pantai atau berenang di pantainya. Disekitar pantai banyak ditumbuhi pohon kelapa yang membuat suasana menjadi sejuk. Disini juga disediakan meja dan kursi agar pengunjung bisa duduk santai dan menikmati indahnya sunrise.



16. Blue Bay / Teluk Biru


Teluk yang satu ini berbeda dengan green bay. Jika green bay mempunyai keindahan pasir putih dan warna air lautnya yang kehijauan. Kalau Blue Bay mempunyai keindahan bawah laut yang indah.

Teluk Blue Bay salah satu alternative snorkeling di banyuwangi selain pantai bama di baluran atau pulau tabuhan. Keindahan bawah laut Blue Bay tidak kalah dengan kedua wisata diatas. Laut disini juga masih asri dan belum terekpose, terbukti dari warna lautnya yang biru jernih. itulah kenapa teluk ini dinamakan teluk biru atau Blue Bay.



17. Desa Adat Kemiren



Kemiren merupakan salah satu desa adat di banyuwangi yang masih kental akan adat istiadat suku osing. desa yang terletak di kecamatan glagah, Banyuwangi. penduduk di desa ini dipenuhi dengan suku osing semua dan masih mempertahankan tradisinya. bahasa keseharian mereka menggunakan bahasa Osing. sekedar informasi, Osing sendiri memiliki arti tidak, kita sebagai suku Osing memilih kata Osing karena kita dulu berkata Tidak untuk penjajahan atau Osing kanggo penjajahan. Karena masih kentalnya adat istiadat di desa ini, pemerintah menetapkan desa ini sebagai cagar budaya.

Salah satu daya tarik desa kemiren adalah adanya Sanggar Genjah Arum, Sanggar ini di desain dengan tema rumah masyarakat Banyuwangi di tempoe doeloe. Sanggar ini milik seorang pengusaha perkebunan yang bernama Setiawan Subekti atau biasa dipanggail dengan kang Iwan.

Selain Sanggar Genjah Arum, di desa ini sering diadakan festival seperti Ngopi Sewu. festival ini merupakan acara tahunan pemerintah banyuwangi yang di selenggarakan di desa adat kemiren dimana penduduk di desa ini menyediakan meja dan kursi di depan rumah yang dilengkapi dengan kopi asli banyuwangi untuk di minum bersama - sama.


18. Bedul


Wisata Pantai Bedul atau juga disebut dengan wisata Mangrove Blok Bedul, letaknya berada di Dusun Bloksolo, Desa Sumberasri,Kecamatan Purwoharjo, KabupatenBanyuwangi.
Wilayah ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP). Wisata Mangrove Bedul memang terletak di tengah-tengah antara pantai Grajagan dan Purwo serta Plengkung (G-Land).

Asal usul nama Bedul konon berawal dari banyaknya ikan Bedul yang ada di daerah sekitar Segoro Anakan Bedul. Ikan Bedul merupakan salah satu jenis ikan Gabus yang memiliki sirip dipungungnya.

Sungainya yang panjang serta disamping kanan dan kiri yang dipenuhi oleh tumbuhan membuat anda terasa seperti berada di sungai amazon. Anda bisa menelusuri sungai dengan menggunakan perahu warga sekitar yang dinamakan dengan gondang gandeng.



19. Parangkursi



Asal usul nama Parang Kursi dikarenakan adanya karang besar yang berbentuk seperti kursi. Akhirnya bupati Abdullah azwar anas meresmikan nama pantai ini menjadi pantaiParang Kursi. Ada mitos di balik karang besar yang ada di bibir pantai Parang Kursi. Konon, nyi roro kidul muncul ke dunia ini dari dunia jin di tempat ini. Anehnya air yang menyembur di batu ini rasanya tidak asin, melainkan tawar.

Keindahan pantai Parang Kursi diantaranya adalah air lautnya yang sangat jernih, pasirnya yang putih kemerah merahan, dan hijaunya lumut yang menempel di batu karang, serta karang karang besar yang tersusun secara rapi membuat pantai ini terlihat indah. Keasrian alamnya yang masih perawan membuat suasana menjadi tenang. Di iringi oleh desiran ombak pantai yang menyembur di atas batu karang.

Pantai Parang Kursi terletak di kecamatan pesanggaran banyuwangi. Dan berada di antara pulau merah dan pantai lampon. Akses menuju pantai ini cukup ekstreme karena pantai ini masih alami sehingga tidak ada jalan yang memadai. Anda akan melewati semak belukar, hutan, bukit yang terjal dan area tambang emas yang tandus. kendaraan khusus seperti motor trail bisa mempermudah perjalanan anda di track ini.



20. Rowo bayu



Rowo bayu adalah sebuah rawa yang dikanan kirinya masih ditumbuhi tanaman asri dan kawasan hutan lindung. Keasrian ini membuat satwa dan fauna di rawa bayu masih banyak populasinya. Rowo bayu berasal dari kata rowo yang berarti “rawa” sedangakan bayu itu berasal dari nama desa yaitu “desa Bayu”. Berada di kawasan hutan petak 8, dusun sambung rejo, desa bayu, kecamatan Songgon,Banyuwangi Jawa Timur. Lokasinya berada di ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut, sehingga udara dikawasan ini sangat sejuk. Areal telaga berdiameter sekitar 50 meter itu terkungkung hutan lebat dan bebat daun aneka pepohonan. Akibatnya, matahari pun susah payah meneroboskan sinarnya hingga siang hari seperti matahati tenggelam.

Selain Para Penelusur menikmati keindahan Rowo Bayu, ternyata Rowo Bayu juga terkenal dengan sejarahnya lho, karena konon katanya telaga itu menyimpan sejarah Blambangan yang penuh linangan air mata dan tetesan darah. Di salah satu sudut di pinggir telaga itu terdapat petilasan Raja Blambangan Tawang Alun ketika bersemedi merenungi kematian dua adiknya, yang berperang melawan dirinya.



21. Kalibendo



Air Terjun Kali bendo terletak di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Air Terjun Kali bendo memiliki ketinggian mencapai 10 meter dan berada didalam kawasan Agro Wisata Kalibendo, dimana terdapat perkebunan kopi, karet dan cengkeh. Kawasan Agro Wisata Kali bendo ini terletak di kaki Gunung Ijen.

Air Terjun yang satu ini tidak kalah bagusnya dari air terjun lain yang ada di Banyuwangi lho.. Karena di sekitar air terjun ini terdapat perkebunan karet, kopi, dan cengkeh. Air Terjun Kalibendo memiliki ketinggian sekitar 10 m dan berada di dalam kawasan Agro Wisata Kalibendo, dimana terdapat perkebunan karet, kopi dan cengkeh. Terletak di Desa kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Berjarak kira-kira 15 km dari Banyuwangi ke arah barat daya.



22. Pantai Rajegwesi


 Pantai rajegwesi merupakan pantai yang dijadikan masyarakat sekitar sebagai tempat parkir kapal. perahu yang ada disini digunakan para nelayan untuk mencari ikan dan alat transportasi untuk pergi ke teluk hijau. ombak di pantai ini sangat besar dikarenakan pantai ini termasuk di samudra hindia. dinamkan pantai rajegwesi dikarenakan di pantai ini terdapat sebuah batu karang besar. dalam bahasa jawanya rajeg berarti tiang sedangkan wesi adalah besi. jika digabung menjadi pagar besi.

Bebatuan dan bukit menjadi pemandangan yang sungguh menawan,dengan pasir bersih berwarna kecoklatan, pantai ini tidak sama dengan pantai lain yang berada di satu kawasan pesisir pantai selatan yang pasirnya berwana putih bersih. Warna kecoklatan ini ditimbulkan karena endapan lumpur di sungai yang terbawa dan bermuara di pantai ini saat banjir tiba.

Pemandangan lain dari pantai ini adalah dijadikannya sebagai pelabuhan bagi para nelayan tradisional yang sekaligus sebagai tempat pelelangan ikan, Jika wisatawan datang ditempat ini saat nelayan mendarat dari melaut,wisatawan dapat menyaksikan hasil laut yang dibawa dan masih segar, gotong royong dan saling bahu membahu saat nelayan lain tiba menandakan kearifan dan keramah tamahan masyarakat sekitar terhadap sesama.



23. Pantai Grajagan


Sumber tiwwidy.wordpress.com

Pantai grajagan merupakan salah satu pantai yang sangat fenomenal pada jaman dahulu kala sampai - sampai dijadikan sebuah lagu. salah satu baitnya berbunyi "Grajagan Banyuwangi, raino bengi yoo sing tau sepi" yang berarti "Grajagan Banyuwangi, Setiap Malam tidak pernah sepi". hal ini menunjukkan bahwa pantai grajagan dulunya sangatlah banyak pengunjungnya. namun pada saat ini pesonanya kalah dengan pantai Pulau Merah ataupun Teluk Hijau.

Pantai yang terletak di desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo ini memiliki pasir berwarna hitam dan luas. disana terdapat gua dan bukit yang sangat indah, disaat berada di pantai Grajagan anda akan melihat hamparan pantai yang luas dengan ombak laut lepas serta bukit yang menjulang tinggi. di pantai ini juga terdapat dua goa peninggalan tentara jepang pada perang dunia ke dua.

24. Air terjun kampung anyar



dinamakan air terjun kampung anyar karena berada di Dusun kampung anyar, desa Taman Suruh Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. salah satu destinasi air terjun yang menjadi primadona di kota Banyuwangi. keunikan dari destinasi ini adalah pengujung dapat menikmati tiga air terjun sekaligus disatu tempat. Banyak sebutan dari air terjun ini, mulai dari air terjun bersaudara atau air terjun kembar,air terjun kampung anyar , air terjun bidadari, air terjun jagir.

25. Songgon rafting



Wisata Kali Badeng merupakan salah satu potensi wisata di kabupaten paling timur di Pulau Jawa. Berada di Desa Sumber Bulu Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi, Kali Badeng merupakan sungai yang berarus deras dengan jenis bebatuan kecil hingga besar yang mengalir dari kaki Gunung Raung. Belum lagi pemandangan yang masih asri di hamparan hutan pinus dengan cuaca yang sejuk.
Share:

32 comments:

  1. Begitu menggoda, insyaAllah bisa menikmatinya pertengahan desember ini

    ReplyDelete
  2. wah lengkap banget nih ,, pengen nih kunjungi satu satu tempatnya ^^

    ReplyDelete
  3. Insya Allah tanggal 6 - 8 feb berkunjung ke kawah ijen, baluran, pantai merah
    Bismillah semoga tidak ada halangan

    ReplyDelete
  4. pengen jadi Bupatinya Banyuwangi. :-) :-) :-)

    ReplyDelete
  5. masih kalah dengan destinasi wisata jogjaku hehe

    ReplyDelete
  6. masih kalah dengan destinasi wisata Yogyakarta nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan datang ke Banyuwangi, baru anda bisa berkomentar saudaraku

      Delete
    2. Tergantung jiwa travelingnya. Saya lebih ke BWI mantap bgd, akses yg susah mnambah kesan yg beda drpd akses yg mudah. Lebih WOW

      Delete
    3. kalau jogja lebih terkenal di tempik gundul(tempat piknik gunung kidul)emang banyak tempat wisata di sana kalau mau habisin wisatanya juga ga ada habisnya. udah pernah juga ngerasaain di banyuwangi di greenbay sama red island(pulau merah) pengen menjelajahi daerah banyuwangi lagi bro insya Allah bulan september ke sana hehe

      Delete
    4. Udah sering ke jogja, karena kampung halaman nyokap gw di solo. Kadang kalo lg mudik ke solo suka mampir ke yogya.

      Terus terang Yogyakarta cuma gtu2 doang wisatanya menurut gw. Ga ada yg terlalu spesial. Udah banyak tempat wisata di yogyakarta yg usg gw kunjungi sampe bosen.

      Nah, Gw udah beberapa kali wisata ke daerah jatim seperti malang, batu, lumajang, probolinggo. Amazing. Selalu bikin kangen dan ga ngebosenin. Malah saking banyaknya waktu 1 minggu jg ga ga akan cukup buat jelajah seluruh wisata di 1 kota. Gw pernah ke batu malang 5 hari 4 malem waktu akhir 2015 kmrn, dan gw bener2 belom puas disana. Kota yg bener2 indah dan selalu bikin gw dan teman2 gw kangen pengen balik lagi.

      Nah (lagi), Awal tahun 2017 ini gw berencana backpackeran jelajah bbrp kota di jawa timur yg berdekatan sama temen2 gw tsb lagi. Ke banyuwangi, lumajang, probolinggo, dan malang 7 hari. Kita berencana cuti 5 hari, agar dapet libur 1 minggu full dari sabtu ketemu hari minggu di minggu depannya (9 hari). Beberapa wisata yg kita list:
      Taman Wisata Baluran
      Kawah ijen
      Kawah Wurung
      Sadengan Alas Purwo
      Air Terjun Tumpak sewu
      Goa tetes
      Puncak B29
      Danau Segitiga
      Coban Pawon
      Pulau sempu
      Bromo
      Rafting Songa pekalen atas.
      Doain aja semoga lancar dan tercapai semua plan diatas

      Untuk saat ini gw baru mencoba menjelajah daerah indonesia bagian barat aja. Semoga someday ge bisa jelajah ke indonesia bagian lain.

      Indonesia itu luas bro, ga cuma yogyakarta aja. Cobain deh backpackeran / traveling ke tempat lain. Yogya terkenal karena promo, pengelolaannya dan gongnya bagus. Bbrp Kota lain yg wisata nya lebih bagus dari yogya ga begitu atau belum terkenal karena dia ga terlalu terekspos, promo kurang, dan Orang taunya ya itu2 doang. Yogya, bali, lombok dsb.

      IMHO loh ya...

      Delete
  7. Semuanya indah. Tidak ada yg menang ataupun kalah. Tempat wisata semuanya memiliki keunikan sendiri2. Planet Bumi memng indah

    ReplyDelete
  8. surga east java pingin ayoo kapan

    ReplyDelete
  9. Gak apa2 untuk saat ini masih kalah ke jogja atau Bali. Tapi salut ke Kab. Banyuwangi Bulan Feb 2016 dapat pengghargaan dari PBB bidang PARIWISATA. Inilah yang belum diperoleh oleh Kabupaten lain. Jangan Lupa Kunjungi Banyuwangi karena selain Destinasi Wisata yang bagus2. sepanjang tahun 2016 ada 52 Festival.

    ReplyDelete
  10. kereeennnn pake banget.. pokoknya nanti harus kesana

    ReplyDelete
  11. banyuwangi kotaku maju selalu banyuwangi I love u full

    ReplyDelete
  12. dari dulu belom bisa mengijakam kali semoga bukan depan terlaksana πŸ˜„

    ReplyDelete
  13. dari dulu belom bisa mengijakan langkah kaki ke kota Banyuwangi semoga bulan depan bisa insyaAllah

    ReplyDelete
  14. Udah berkunjung ke semua tempat itu...my crit my croot πŸ˜˜πŸ˜‚

    ReplyDelete
  15. Menurut saya keindahan destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi tidak kalah lebih indah dibanding di kota kota lain bahkan negara lain
    Tapi sayangnya saya masih belum bisa mengekplore semua destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi

    ReplyDelete
  16. pengen ke banyuwangi, klo sewa mobil murah dan sopir per harinya brp? , Tq infonya

    ReplyDelete
  17. Mantab banget tempat wisata di banyuwangi Min, bisa buat referensi untuk mengisi hari libur nih. :)

    ReplyDelete
  18. Sepertinya banyuwangi makin maju pariwisatanya..salut..

    ReplyDelete
  19. Bak tri apriana,saya bisa nyeter mobil,tapi. Gak tau jalannya,hehehe

    ReplyDelete
  20. lama merantau dan gak tau ternyata banyak tempat wisata di kampung sendiri😱

    ReplyDelete

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com