blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Sunday 8 March 2015

Kuliner Banyuwangi : Soto Lidah Sapi

Banyuwangi - Bagi anda pecinta makanan soto.  Dan ingin mencari sensasi yang lain, Anda bisa mencoba Soto Lidah. Kuahnya yang segar serta rasanya yang gurih. Dijamin bisa menggoyang lidah anda. Lidah dari soto ini terbuat dari lidah sapi. Soto ini bisa anda dapatkan di Banyuwangi. Tepatnya dijalan ahmad yani. Di tengah kota banyuwangi. Sajian Soto Lidah sama dengan soto soto lainnya. Yang membuat beda adalah rasanya. Menurut salah satu pelanggan “Ini rasanya khas ya, ada manis, ada kecutnya sedikit. Rasanya beda dari yang lain. Rasanya lebih terasa gurih dan nikmat”.




Bumbu dan cara pembuatan Soto Lidah tak jauh beda dengan soto soto lainnya. Hanya pengolahan daging lidahnya yang special, kaldunya harus benar benar terasa. Cara pengolahan daging lidah tentu berbeda dengan daging lainnya.  Ada dua tahap perebusan. Pertama lidah sapi yang telah dicuci bersih direbus selama 25 menitan. Setelah direbus, daging lidah dikupas bagian luarnya yang kasar untuk memperoleh bagian yang lembut saja. Setelah itu masuk ke perebusan ke dua. Waktu perebusan kedua lidah dibumbui dan tidak dicampur dengan kuah. Karena bisa merusak rasa kuah itu sendiri. Dan waktu perebusan kedua sebaiknya tidak terlalu lama karena bisa menghancurkan daging lidahnya.  Kuah Soto Lidah tidak bening seperti soto kebanyakan, kuahnya lebih pekat, kental dan kaya bumbu.

Selain menjual Soto Lidah. Warung yang bernama warung pak salem, juga menjual soto soto lainnya seperti soto ayam, soto sapi, dll. Nama pak salem sendiri di ambil dari nama kakek sang pemilik warung. “Nama warung Pak Salim diambil dari nama kakek saya. Dulunya kakek dan ayah saya juga penjual soto tapi ya itu tadi hanya soto ayam, soto daging dan soto babat," tutur Roby sang pemilik warung. Setiap hari warung pak salim mengolah 15 kilogram daging lidah sapi. harga satu porsi Soto Lidah dibandrol seharga Rp 12.000. sedangkan soto soto lainnya harganya mulai dari Rp 8000 hingga Rp 15.000.

Penasaran akan rasa Soto Lidah sapi? ayoo ke banyuwangi dan rasakan makanan yang satu ini

Share:

2 comments:

  1. pernah makan masakan korea/jepang (lupa) lidah sapi
    rasanya gimana gitu :)

    kalo soto lidah sapi saya baru tahu
    kayaknya menarik membbuktikan indonesia kaya dengan kuliner ya mas

    ReplyDelete

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com