blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Saturday 14 March 2015

Pulau Menjangan, Spot Diving Terbaik di Pulau Bali

Welcome to Paradise. Itulah kata yang tepat ketika anda datang ke tempat ini. Hamparan pasir dan keindahan bawah lautnya, sangatlah mempesona.  Pulau yang tak berpenghuni ini merupakan wisata terbaik bagi anda yang suka snorkeling ataupun diving. Keindahan bawah laut Pulau Menjangan adalah yang terbaik di bali. Dan menjadi 10 spot snorkeling  terbaik di dunia menurut news discovery.



Pulau kecil menjangan berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Jaraknya 15 kilometer dari pelabuhan gilimanuk. Lalu kita harus menyebrang dari pelabuhan Banyuwedang ke Pulau Menjangan. Jika anda berangkat dari pusat pariwisata bali, yaitu tempat wisata kuta bali. Anda membutuhkan waktu 3 jam perjalanan untuk sampai ke penyebrangan Pulau Menjangan. Dari penyebrangan menuju Pulau Menjangan butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit. Di pelabuhan ini, anda bisa menyewa kapal kapal turis yang tarifnya sekitar Rp 400.000 hingga Rp 600.000. 1 kapal bisa di muati 10 orang.



Banyak cara untuk melihat keindahan bawah laut Pulau Menjangan. Yang paling murah adalah menyewa peralatan snorkeling, harga sewa peralatan snorkeling sekitar Rp 20.000 hingga Rp 40.000. kekurangan snorkeling adalah anda hanya bisa snorkeling di sekitar pulau saja. Sedangkan keindahan Pulau Menjangan terletak di bawah lautnya, itu kenapa pulau ini dijuluki wall diving.  Yang kedua adalah anda diving. spot diving di Pulau ini tidak hanya berpacu pada satu titik tempat saja.  Spot pertama ada di Eel gardens. Spot ini adalah spot menyelam terbagus di Pulau Menjangan, letaknya berada di bagian barat Pulau ini. Anda bisa melihat keindahan Gorgonia, biota, dan tumbuhan laut di kedalaman 40 meter. Dan yang paling banyak ditemukan adalah garden eel dan sea fans.


Yang ke dua adalah secret bay. Spot ini bagus untuk penelitian dan pecinta fotografi. Disini terdapat biota laut yang langka dan endemic (asli Indonesia).  baru baru ini ditemukan 4 jenis anglerfish yang baru ditemukan oleh para ahli kelautan. Diantaranya adalah Spotfin anglerfish, Sargassum anglerfish, dan terutama Tono anglerfish. Tempat ini juga menjadi rumah bagi berbagai jenis kuda laut, sebut saja ,  lionfish, dragonets, nudibranch, ghostpipefish, udang laut, belut pita, dan lain sebagainya.
Jika anda  takut menyelam, tapi ingin melihat keindahan bawah laut Pulau Menjangan, anda bisa menaiki kapal selam odyssey sub marine yang bisa membawa anda berwisata ke bawah laut tanpa harus menyelam. Harga untuk naik kapal odyssey sekitar Rp 550.000 untuk dewasa dan Rp 420.000 untuk anak anak.



Tips ke Pulau Menjangan. Diharapkan anda menginap satu malam di pulau ini, karena pulau ini tidak berpenghuni sebaiknya anda tidak lupa membawa perbekalan dan obat obat pribadi. Serta membawa tenda jika ingin berkemah disana. Saat terbaik berkunjung ke  Pulau Menjangan adalah bulan april hingga November.


Share:

12 comments:

  1. muantepp pulau bali memang sangat indah bukan hnya baharinya saja, tradisional budayanya juga oke punya..

    ReplyDelete
  2. mantap gan
    jadi sumpah pengen kesana

    ReplyDelete
  3. buseeet , belum pernah ane liat keindahan seperti diatas , mantav , ane jadi pengen kesana :V
    ada paket trip yang murah gak gan ?

    jagonyasoftware.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. luarbiasa keindahan alam bahari yang sangat menkjubkan,,,

    ReplyDelete
  5. kerenn.. jadi kepengen ke sana

    ReplyDelete
  6. kerenn.. jadi kepengen ke sana

    ReplyDelete
  7. wah keren jadi pengen ke bali Nih jalan jalan sama keluarga :D.

    ReplyDelete
  8. pulau bali emang keren

    buzzertheme.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. :D
    http://sendsar.blogspot.com/2015/03/daftar-puisi.html

    ReplyDelete
  11. Bagus banget gan artikelnya ,,, Semoga tempat wisata indonesia makin maju !!!

    ReplyDelete

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com