blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Tuesday 21 April 2015

7 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia



Indonesia adalah negaray yang kaya akan tradisi, budaya dan kulinernya. Setiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing masing. Beragam makanan ini ternyata mampu menarik perhatian luar negeri. Karena begitu nikmatnya beberapa makanan khas Indonesia disajikan di beberapa Negara dunia. Sebut saja gado gado, sate ayam, rending, bahkan olahan tempe mampu bersaing di level internasional. Seperti apakah kehebatannya? Berikut ini 7 makanan Indonesia yang mendunia.

Nasi Goreng di Acara World Expo Shanghain Cina 2010



Sebagian dari kita tentu sudah akrab dengan makanan yang satu ini, Nasi Goreng. Lebih dari itu Nasi Goreng telah berhasil menjadi Icon Indonesia. Nama makanan Nasi Goreng semakin menyebar luas di mancanegara, setelah presiden barack Obama menyebutkan namanya beberapa kali dan mengakui enaknya makanan yang satu ini.

pada ajang world expo shanghai cina 2010 masakan nasi goreng menjadi suguhan yang menarik. Ajang perlombaan masak bertaraf internasional ini mampu membawa nama nasi goreng semakin dikenal di mata dunia. Acara ini mendapat respon positif dari pengunjung pameran dari berbagai Negara. Nyatanya dalam sehari, sedikitnya nasi goreng yang disajikan dengan telur dada dan sate ayam ini mampu terjual hingga 700 porsi.

Gado Gado di Napoli Italia


Makanan khas selanjutnya adalah gado gado. Gado gado adalah makanan khas jawa berupa sayur sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu. Makanan ini mempunyai bumbu khas kacang tanah yang di haluskan. Tak ketinggalan juga irisan telur dan taburan bawang goreng diatasnya. Penyajiannya yang unik dan lezat ini akan lebih komplit jika ditambah dengan emping goreng atau kerupuk.



Gado gado yang dapat dimakan seperti salad ini memang cukup sederhana. Perlombaan memasak internasional di Napoli pada tahun 2010, menjadi pembuktian gado gado bukan sembarang makanan. Di ajang ini gado gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika.

Soto Ayam Laris Manis di jepang


Tak hanya terkenal karena rasanya yang lezat, Soto juga memiliki tampilan yang indah. Makanan khas Indonesia ini paling nikmat jika di makan ketika musim hujan. Perpaduan udara yang dingin dan kuahnya yang panas adalah perpaduan yang pas bagi kita. Tak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga ada di sebuah festival makanan di jepang. Rupanya makanan soto ayam telah menjadi langganan di acara ini. acara ini sendiri diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ- Komsat Ibaraki. Terbukti dalam acara besar seperti ini soto ayam dapat menjadi makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat jepang.

Sate Ayam Selalu Laris Manis dalam Festival Internasional



Beriktunya adalah sate ayam, makanan yang dibakar ini merupakan makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. terkenal dengan sate khas Madura, ternyata sate ayam mampu menghipnotis masyarakat luar negeri. Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China 2013 silam menjadi bukti sate ayam digemari oleh halayak. Kegiatan ini tidak hanya menyelenggarakan kuliner Indonesia saja. Namun yang menjadi sebuah kebanggan adalah sate ayam terjual habis disantap masyarakat setempat.

Tak hanya di bazar saja, sebuah restoran masakan Indonesia mampu bersaing di tengah restoran termahal di New York Amerika. Dengan menu andalannya sate ayam, restoran satay junction mampu menarik warga amerika. Meski terbilang kecil , restoran ini selalu dipadati oleh warga amerika yang mencintai makanan khas Indonesia. selain mampu bertahan, jumlah pengunjungnya pun terus bertamabah.

Rendang Masuk dalam 50 Most Delicious Foods



Rending adalah makanan daging bercita rasa pedas, bumbunya menggunakan dari campuran berbagai bumbu serta rempah rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulah ulang dengan menggunakan santan kelapa. Rending dikenal dengan proses memasaknya yang cukup lama. Butuh waktu berjam jam untuk menghasilkan warna hitam pekat dan daging yang empuk. Tapi percayalah, hal ini akan terbayar lunas ketika anda menyantapnya.

Nikmat dan lezatnya rendang berhasil membuatnya terpilih di posisi paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN internasional pada 2011 lalu. Rendang bahkan menjadi menu faforite di sebuah hotel di jerman dalam rangka festival kuliner Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia Jerman.

Tempe Menu Favorit di Jepang dan Korea


Berikutnya adalah tempe, ternyata tak hanya orang Indonesia saja yang menyukai tempe. Seorang juru masak asal korea eduard quad adalah salah satu dari ribuan orang yang jatuh hati dengan tempe. Perhelatan Jakarta kuliner festival yang dihelat Oktober 2012 lalu menjadi perkumpulan koki dari berbagai mancanegara. Mereka datang untuk menikmati makanan khas Indonesia. salah satunya adalah eduard quad. ternyata dari berbagai makanan yang ia cicipi, ia menjadikan tempe sebagai idolanya.

Berbeda dengan koki asal korea. Seorang warga Indonesia pak rustomo adalah seorang pebisnis tempe di jepang. Tak hanya dapat diolah menjadi makanan lezat, tempe juga menghasilkan pundi pundi uang. Nama pak rustomo sendiri dikenal di beberapa daerah di jepang. Bisnisnya menjual tempe berhasil memikat masyarakat jepang.

Sop Buntut yang Disukai Orang Spanyol



Makanan Indonesia yang mendunia terakhir adalah sop buntut. Sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh kedutaan besar republic Indonesia di Madrid spanyol. Salah satu menunya adalah sop buntut. Ternyata acara ini mendapatkan respon yang positif. Chef asal Indonesia menyajikan makanan khas Indonesia disini. Setidaknya terdapat 300an orang yang menikmati makanan khas Indonesia dan jatuh hati pada sop buntut.
Share:

3 comments:

  1. kuliner indonesia memang membuat ngiler aja kalau cuma di lihat,,jadi penasaran ingin merasakannya

    ReplyDelete
  2. proud to be indonesian :)
    visit my blog bro . . .
    indonesiatravelerchannel.blogspot.com

    ReplyDelete

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com