blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Wednesday 15 April 2015

7 Tanaman di Indonesia yang Bisa Membunuh

Tanaman beracun mengiringi sejarah tragedy manusia yang harus mati karena dipaksa atau tidak sengaja memakannya. Sebut saja sokrates, yang harus menerima kenyataan dihukum mati karena dituduh tak percaya tuhan oleh pengadilan atena. Ia dipaksa meminum ramuan tanaman hemlock hingga akhirnya keracunan dan mati lemas. Tanaman tanaman seperti ini tidak hanya ada di luar negri dan cerita saja. Di Indonesia pun ada beberapa jenis spesies tanaman seram yang dalam doses berlebih dapat membunuh. Berikut ini 7 tanaman pembunuh di Indonesia

1. Tanaman Jarak



Daun dan getah tanaman jarak banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Tapi siapa sangka biji jarak adalah pembunuh yang mematikan, Memakan dua buah biji jarak sudah cukup membunuh seseorang. Pada april 2013, Gedung putih dihebohkan dengan surat yang ditujukan untuk presiden amerika yaitu barak Obama yang didalamnya terdapat racun ricih, ricih merupakan senyawa sampingan yang dihasilkan dari pengolahan biji tanaman jarak. Senyawa ini dapat mengakibatkan orang tewas karena gangguan system peredaran darah dan pernapasan.

saat ricin masuk dalam tubuh, satu ricin dapat membunuh satu sel. Jika senyawa ini dihirup, disuntikkan atau tertelan dapat membunuh orang dalam waktu 36 hingga 48 jam. Para ahli mengatakan ricin merupakan pembunuh ganas seganas virus anras. Dan bahayanya lagi sampai saat ini belum ditemukan penawarnya.

2. Ubi Racun atau Singkong Karet

singkong atau Ubi memang mengandung racun namun kadarnya berbeda, tergantung varitasnya. Singkong pahit atau yang lebih dikenal singkong karet memiliki kadar racun yang lebih tinggi dibanding singkong manis. Racun biasanya berada di daun dan umbi singkong. Racun ini diketahui dapat menghasilkan senyawa sianida. Sianida dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin dan sulit dideteksi. Ia tak berasa, tak berbau, dan tak berwarna. Satu satunya indicator untuk mengetahui sianida pada singkong adalah warna kebiruan yang muncul pada umbi bila mana terkena udara.

Racun sianida akan jauh berkurang jika dipanaskan, banyak koraban keracunan akibat salah dalam pengolahan singkong, karena memasak umbi dan daunnya tidak sempurna.

3. Tanaman Kecubung

kecubung yang berada di Indonesia adalah jenis datura metel masih satu keluarga dengan bunga lonceng. Kecubung ini mengandung beberapa senyawa kimia yang berkhasiat menyembuhkan. Kandungan ini membuat kecubung dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit. Seperti asma, rematik , sakit pinggang , pegelinu , dll.

bagian yang sering digunakan sebagai obat herbal adalah daunnya. Namun kecubung juga mengandung racun berupa zat aloid yang mempunyai efek halosinogen terutama pada bagian bijinya. Efek yang ditimbulkan bila kecubung dikonsumsi melebihi tataran adalah mual, muntah, sesak nafas, pusing, halunisasi hingga berujung kepada kematian. dalam beberapa kasus ditemukan penggunaan racun biji kecubung untuk bunuh diri.

4. Gyimpie – Gympie

orang luar negeri menyebutnya tanaman gympie gyimpie sebagai tanaman penyengat karena saat kulit tersentuh daun gympie gympie sedikit saja rasanya seperti seperti tersengat rasa panas luar biasa dan tidak akan pernah hilang hingga berbulan bulan. tanaman ini diketahui pernah membunuh hewan dan manusia. Biasanya tumbuh di hutan timur Australia dan hutan Maluku Indonesia. sangking kuat racunnya daun gympie gympie yang telah kering ratusan taun pun masih mengandung racun moreidin. Racun ini biasanya terdapat pada bulu tanaman gympie gympie.

bila anda ke hutan dan melihat tanaman ini, segeralah menjauh. Berada didekatnya beresiko terkena racun. Denga racun yang begitu dahsyat, tentara inggris pernah tertarik pada tanaman ini dan berniat menjadikannya senjata biologis pada akhir 1960.

5. Pohon Upas

Pohon upas begitu legendaris pada masa penjajahan VOC di nusantara. Bahkan selama berabad abad menjadi momok menakutkan bagi tentara belanda karena rakyat berjuang menggunakan racun upas sebagai senjata. Sampai pada akhirnya letnan gubernur Thomas rafles mengutus Thomas hosfield, naturalis asal amerika serikat untuk mempelajari racun pohon tersebut. Hasilnya pohon upas memang mematikan namun pada lendirnya saja.

Efek racun upas cukup mengejutkan ketika diuji cobakan kepada seekor ayam dan anjing yang langsung mati dalam waktu dua menit saja. Sampai sekarang pohon upas masih dapat ditemukan di Indonesia. di jawa ia lebih dikenal dengan sebutan pohon ancar. Terkena getahnya sedikit saja orang tersebut akan kejang kejang lalu mati.

6. Kembang Terompet

Kembang Terompet yaitu tanaman berbunga asli di daerah tropis amerika selatan namun ditemukan di semua dunia termasuk Indonesia. kembang terompet, nama ini datang dari bunga berupa terompet terjuntai tertutup bulu bulu halus yang menggantung dari pohon. Bunga ini mempunyai ukuran 14 hingga 50 CM serta berbagai warna. Putih , kuning, oranye, dan merah muda. Seluruh sisi dari tanaman memiliki kandungan racun. Tanaman ini terkadang beralih dari teh serta dicerna sebagai obat halusinogen.

bunga ini memiliki tingkatan racun yang beragam, tergantung lokasi tanaman. Tumbuhan ini banyak mengakibatkan penggunanya overdosis serta tewas karenanya.


7. Kacang Racun

Kacang Racun merupakan pohon asal india serta asia tenggara. Benih kecil didalam pohon hijau berupa buah jeruk ini amat beracun dipenuhi dengan alkaloid beracun srignight serta brusin. 30 miligram racun ini cukup fatal untuk orang dewasa serta dapat mengakibatkan kematian yang dimulai dengan kejang kejang hebat. tanaman ini menyerang stimultan ganglia sensoris tulang belakang

Share:

32 comments:

  1. Wah. Harus hati-hati ini gan.. Btw artikel bermanfaat ini gan

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. yang nomer 5 engga ada didaerah ane gan :) yang no. 7 ane kira enak :D

    ReplyDelete
  4. Mkasih kang udh sher buat nambah nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  5. wah keren gan   udah ane comment
    nitip link : http://ibnugangga.blogspot.com/ jangan lupa follow g+ dan komentar gan   blog walking =D

    ReplyDelete
  6. wah bahaya juga tanaman ini ya, banyak mengandung racun...main2 ke http://www.danzierg.com/2015/04/xiaomi-pendatang-baru-produsen-smartphone-berhasil-masuk-3-besar-dunia.html

    ReplyDelete
  7. Itu yg nmer 5 gambry ky jambu biji bukan???

    ReplyDelete
  8. Yg nmer 5 ko gmbary ky jmbu biji bkan?

    ReplyDelete
  9. Sangat betmanfaat...bisa dicoba nihh hihi

    ReplyDelete
  10. Sangat betmanfaat...bisa dicoba nihh hihi

    ReplyDelete
  11. HATI HATI TANAMAN BERACUN DI SEKELILING KITA

    ReplyDelete
  12. Saya pernah makan buah jarak. . Memabukan sih.. tpi ga mati

    ReplyDelete
  13. Saya pernah makan buah jarak. . Memabukan sih.. tpi ga mati

    ReplyDelete
  14. iiiih... ternyataaaa.. ngeri juga ya 😰

    ReplyDelete
  15. Sebenarnya mungkin masih banyak lagi.. gadung, jenu, ingas....

    ReplyDelete
  16. waktu kecil saya pernah memakan ubi taon, mungkin lebih dikenal sebagai singkong karet (soalnya banyak getahnya), sedikit saya menyentuh lidah saya, rasa tidak enaknya bertahan lebih dari 3 jam di mulut saya.... pengalaman yang tak terlupakan... hehe

    ReplyDelete
  17. dah dijelaskan dalam kitab suci...disuruh makan yg baik2...asalnya.. cara memperoleh ... terlalu vulgar Dan sering ny info spti ini dpt menjadikan sumber inspirat bg yg kreatif ny (-)...

    ReplyDelete
  18. Sangat bermanfaat & kita hrs hati2 dg tanaman2 ini...trm ksh kang...

    ReplyDelete
  19. Sangat bermanfaat & kita hrs hati2 dg tanaman2 ini...trm ksh kang...

    ReplyDelete
  20. Saya, kakak, sepupu, teman & tetangga sudah makan buah jarak efeknya cuma pusing n muntah2 (pengalaman masa kecil) ndak sampai mati

    ReplyDelete
  21. Nomor 4 banyak banget di tempat saya, nama lain nya pohon jilatang. Jilatang ini Macam macam juga bentuknya..yang hobi nya berburu babi atau kijang ke hutan hati hati saja tks infonya bang hadi h.

    ReplyDelete
  22. Yang nomor 4 di sumbar nama lain nya pohon jilatang. Jilatang ini punya macam macam juga bentuknya,nah.. kalau ada yang hobi nya berburu babi,kijang atau landak(buat dikonsumsi) berhati hatilah dengan pohon ini. Thanks

    ReplyDelete
  23. Terima kasih bang infonya sangat baik

    ReplyDelete
  24. Buah jarak saya pernah makan tapi gga mematikan,,,
    Rasanya mirip kacang tanah,,,

    ReplyDelete
  25. Karena rasa ingin tahu yang besar, sewaktu kecil saya pernah makan biji jarak itu, tp cuma segigit dan alhasil saya muntah muntah....

    ReplyDelete
  26. Kembang trompet atau kecubung..
    bisa bing ngflay..
    ambil daunya iris kecil ky tembakau rokok jemur smpe kering trus linting jdkn rokok hehe katanya si enak

    ReplyDelete
  27. Wah ini cocok nih buat orang yg gak punya duit buat mabokkkk,
    Contohnya temen gw mabok daun teromprt

    ReplyDelete
  28. Cocok tuh buat orang yg gak punya duit buat mabok

    ReplyDelete

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com