blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Tuesday 14 April 2015

Ternyata Indonesia Mempunyai Tiga Sungai Amazon


Anda pernah melihat sungai amazon di brasil yang panjang , berliku, berwarna cokelat, dan disisi sampingnya terdapat hutan yang lebat? Indonesia juga punya sungai seperti itu. Bahkan mempunyai tiga yaitu sungai ajikwa di timika papua, sungai kere di banyuwangi, dan yang terakhir sungai oya di bantul Jogjakarta. Ketiga sungai tersebut memiliki ciri ciri seperti sungai amazon.

1. Sungai Ajikwa Timika (Papua)

Jika anda ke timika menggunakan pesawat terbang anda akan melihat sungai ajikwa dengan jelas. Pemandangan sungai ajikwa dari atas sangat indah . Sungainya yang panjang dan berliku mengingatkan kita kepada sungai amazon di brasil. Selain panjang dan berliku, sungainya juga lebar. Warna cokelat yang ditimbulkan karena sisa pembuangan tambang yang berupa lumpur.




2. Sungai Kere (Banyuwangi)

Sungai kere yang terletak di kawasan blok bedul sisi barat taman nasional baluran ini juga memiliki kesamaan dengan sungai amazon. Samping kanan dan kiri sungai kere adalah pohon mangrove, sungainya juga berwarna cokelat, dan yang membuat beda adalah lebar sungai yang semakin menyempit ke muara.




pengunjung bisa menyusuri sungai kere menggunakan perahu nelayan yang dinamakan gondang gandung. Perahu ini cukup unik karena terdiri dari dua perahu biasa yang digabung dan diatasnya di beri tempat duduk penumpang. Perahu gondang gandung berkapasitas 10-15 orang. Harga sewanya sekitar Rp 200 ribu.

3. Sungai Oya (Yogyakarta)

Objek wisata yang terletak di kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta ini memiliki keindahan alam yang mengagumkan. Lembah sungai oya yang memiliki ketinggian 200 meter dari permukaan tanah ini sangat eksotis. Dan jarak dari kota Yogyakarta sekitar 35 KM.

Di Lembah Ini anda bisa melihat sungai oya yang berliuk liuk seperti sungai amazon. Selain itu anda bisa melihat cahaya sunset dengan tenang dan nyaman. Jika cuaca cerah anda juga bisa melihat keindahan pantai selatan dari sini.

Untuk bisa masuk ke lembah sungai oya, pengunjung terlebih dahulu melewati kebun buah mangunan yang dikenakan biaya Rp 5 ribu. Harga tersebut terlalu murah untuk wisata yang menyuguhkan banyak keindahan alam.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com