blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Tuesday 10 May 2016

Coban Jahe, Air Terjun yang Tidak Ada Tanaman Jahenya

Kota malang terkenal dengan tempat wisatanya yang keren - keren, apalagi air terjunnya atau orang malang menyebutnya “Coban”dan salah satu coban yang akan kita review adalah Coban Jahe. Coban ini terletak di kawasan RPH Sukopuro - Jabung, Kabupaten Malang. Nama Coban Jahe sendiri belum terlalu terkenal di kalangan traveller apalagi yang dari luar kota.

Via Instagram

Coban Jahe ini juga dikenal dengan nama “Air Terjun Begawan”, diberi nama begitu karena lokasinya yang berada di dusun Begawan, desa Pandansari Lor, Kec Jabung, Kab Malang. Dinamakan coban jahe sendiri bukan berarti di Air Terjun banyak tanaman jahe, disini malah tidak ada tanaman jahe. Nama itu diambil dari bahasa jawa yakni Pejahe yang berarti meninggal dunia. Kata ini terinspirasi dari kisah gugurnya tentara pejuang dibawah komando ali murtopo yang melawan penjajah di sekitar air terjun. Itulah kenapa disana anda akan melihat taman makan pahlawan kali jahe.

A photo posted by Paradise of East Java (@mbolangjatim) on


Untuk menuju ke Coban Jahe, terdapat dua rute yang bisa traveller lewati. Dari arah kota malang pengunjung bisa lewat Jl. LA Sucipto - Blimbing - Tumpang atau jalur Kedungkandang - kecamatan pakis lewat Jl. Ampel Dento - Raya Asrikaton - lalu Tumpang. Tak jauh dari gerbang masuk kec Tumpang terdapat sebuah papan penunjuk jalan ke Coban Jahe yang ada di kanan jalan pertigaan. Dari sana jarak ke coban hanya sekitar 7 KM. Ikuti saja papan penunjuk jalan yang bisa menuntun anda menuju lokasi.

Perjalanan traveller tidak semudah yang dikira karena kondisi jalannya yang sedikit rusak. Bagi yang menggunakan kendaraan roda empat, traveller bisa memarkir kendaraannya di sekitar taman makam pahlawan kali jahe, namun jika kendaraan cukup tangguh maka traveller bisa melanjutkan perjalanan dan memarkirnya di halaman parkir wana wisata Coban Jahe yang jaraknya hanya 100 m dari TMP.

Area parkir Coban Jahe luas dan sejuk jadi traveller tidak usah khawatir kendaraannya akan kepanasan. Disini juga sudah terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti warung makanan, toilet bahkan wahana flying fox ada disini.

A photo posted by Rezza Yuniansyah Nuur I. (@rezza_ilmi) on
Dari area taman, traveller sudah bisa melihat keindahan air terjun coban jahe. Air terjun dengan ketinggian 45 meter ini masih alami, disekitar air terjun terdapat banyak bebatuan besar, tumbuhan khas air terjun, dan tebing - tebing yang tinggi. Air terjun disini masih jernih namun ketika musim hujan airnya akan keruh. Meskipun masih jernih, traveller dilarang mandi dibawah air terjun karena bisa membahayakan traveller.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com