blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Tuesday 30 August 2016

Buah Ceplukan yang nyaris langka, ternyata punya berjibun khasiat






Bagi kalian yang lahir di era 90-an dan pernah menemui buah bernama ceplukan yang tumbuh liar di pematang sawah, bisa dibilang masa kecil kalian bahagia. Karena sekarang buah tersebut terbilang nyaris langka dan dipandang sebelah mata. Buah kecil mungil ini dikenal dengan banyak nama sebenarnya, mulai dari ciplukan, ceplukan, cecenet, kopok- kopokan dan sebagainya, bergantung daerah masing- masing. Padahal di luar negeri buah ceplukan dijual dengan harga yang relatif mahal.
            Tumbuhan ini tergolong pendek, tidak mencapai satu meter. Buahnya berada di dalam kelopak yang menggelembung, berwarna hijau saat masih muda dan menguning saat tua- ditandai dengan kelopak yang mengering kecoklatan. Jika dicicipi rasanya manis juga renyah. Tak mengira seluruh bagian tumbuhan ini ternyata memiliki berjibun khasiat untuk kesehatan. Itulah alasannya mengapa di luar negeri buah ini sungguh diminati.

            Buah bernama latin physalis sp dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari penyakit yang ringan dan sangat kronis, contohnya penyakit epilespsi, paru- paru, kanker, gusi yang berdarah, diabetes militus, serta influenza. Adapun manfaat lainnya yakni sebagai tanaman hias, dibuat salad, pudding, agar- agar, bahkan eskrim. Nyam!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com