blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Sunday, 26 April 2015

6 Fakta Unik Konferensi Asia Afrika ke 60

60 tahun silam, sebuah momen bersejarah bertajuk konferensi asia Africa digelar di bandung. Konferensi ini merupakan gagasan soekarno sebagai bentuk solidaritas asia afrika dan menegaskan kembali posisi gerakan non block. Kini Indonesia tepatnya kota bandung dan Jakarta menjadi tuan rumah peringatan ke 60 tahun konferensi asia Africa . helatan bertaraf internasional ini telah dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia dengan sangat matang. Mulai dari akomodasi, logistic, pengamanan protocol, dll.

Selain itu berbagai peristiwa unik sekaligus menarik juga terjadi pada pergelaran acara ini. inilah fakta unik tentang asia afrika

Batu Akik Jadi Souvenir peserta KAA


Batu akik memang tengah menjadi fenomena di tanah air, hal ini seolah menginspirasi pihak penyelenggara untuk menjadikan batu akik sebagai salah satu souvenir dalam perhelatan konferensi asia afrika ke 60. Batu akik pancawarna dipilih untuk menjadi cindera mata cantik bagi peserta KAA. Bongkahan batu akik pancawarna seberat 60 KG mulai diproses untuk dibuat liontin beberapa waktu lalu. Ratusan liontin ini akan dibagikan secara gratis dan dibawa pulang oleh kepala Negara peserta KAA.

Pemerintah Indonesia berharap dengan dijadikannya batu akik tersebut sebagai cindera mata. Maka kerajinan batu akik akan terkenal di Negara luar. Souvenir batu akik ini merupakan hasil kreativitas warga garut. Batu akik pancawarna menjadi pembuatan cindera mata tersebut juga merupakan hasil bumi tanah pasundan. Dan merupakan jenis batu nomor satu.

Budayawan Gelar Ruwatan Untuk Sambut KAA

Wali kota bandung ridwan kamil bersama sejumlah budayawan bandung menggelar upacara ruwatan di sekitar gedung merdeka. Ruwatan ini dilakukan guna menyambut puncak acara KAA pada jumat 24 april 2015 ini. minggu malam 19 april kemarin, ratusan orang turut menghadiri acara ruwatan tersebut. Ruwatan yang diberi nama raja ruwat jagat buana lindung ini dimulai dipelaza air mancur yang baru dibangun oleh pemerintah kota di jalan pundung timur. Setelah pembacaan rajah dan sambutan, acara dilanjutkan dengan iringan 60 buah jampana yang masing masing berisi nasi tumpeng. Angka 60 dipilih sebagai symbol 60 tahun konferensi asia afrika.

Tokoh Penggagas KAA 1955 Sambut Kedatangan Delegasi KAA 2015


Beragam cara unik digelar untuk memeriahkan konferensi asia afrika . mungkin banyak diantara masyarakat dunia dan juga tanah air kurang mengenal sosok pendiri KAA pertama yang diselenggarakan pada 1955 lalu di bandung. Oleh karena itu pihak angkasa dua bandara soekarno hatta dan komunitas historia menggelar aksi teatrikal pendiri KAA . mereka berdandan layaknya tokoh pencetus KAA. Seperti berdandan ala presiden soekarno dan ibu fatmawati. Mereka berdandan seperti wakil presiden mohammad hatta, ali sastro amidjoyo, gamal abdul naser, dan beberapa tokoh lainnya.

Selain untuk mengenang pencetus KAA mereka juga bertugas untuk menyambut para delegasi konferensi asia afrika.

20 Bajaj Untuk Media Peliput KAA

Sebanyak 20 unit bajaj berbahan bakar gas atau BBG disiapkan untuk para awak media untuk meliput peringatan 60 tahun KAA di kota bandung. Bajaj ini siap mengantarkan mereka di sejumlah lokasi liputan terkait peringatan KAA. Ke 20 bajaj ini sengaja didatangkan langsung dari Jakarta dan mulai beroperasi pada 1 april kemarin . agar menarik dan mudah dikenali media, bajaj bajaj tersebut di cat biru dan menampilkan logo 60 tahun KAA. Bajaj ini didatangkan perusahaan gas Negara Jakarta khusus peringatan 60 tahun KAA sekaligus mengkampanyekan kendaraan berbahan bakar gas atau BPG.

Hijaber Cantik Pelukis Wajah Tokoh KAA

Inilah Zahra jubaida, gadis cantik berusia 20 tahun ini adalah pelukis yang ditunjuk oleh ridwan kamil untuk menggambar sosok soekarno, nelson mandela. Lukisan krayon dari Zahra ini dipajang di pinggir jalan kota bandung untuk menyambut konferensi asia afrika. Gadis yang akrab dipanggil Zahra ini merasa senang dan bangga lukisannya bisa dilihat dan dinikmati banyak orang. Keterlibatannya untuk ambil bagian KAA tahun ini tidak direncanakan sama sekali. Awalnya orang tua Zahra berniat untuk bertemu dengan walikota bandung untuk mencari beasiswa untuk meneruskan kuliah. Saat itulah ridwan kamil melihat karyanya dan menawarkan Zahra untuk melukis presiden soekarno dan nelson mandela. Kedua lukisan tersebut dia selesaikan dalam waktu sepuluh hari. Selain melukis wajah tokoh KAA, Zahra juga diminta oleh sang walikota bandung ridwan kamil untuk melukis semua walikota bandung sejak jaman belanda.

Rekor Dunia Permainan Angklung

Sebanyak 20 ribu pemain angklung yang terdiri dari pelajar, relawan dan warga berhasil memecahkan rekor muri dengan kategori pemain angklung terbanyak . pemecahan rekor ini diadakan di stadion siliwangi kamis 23 april kemarin. Rekor sebelumnya yang tercatat di Jakarta dengan jumlah pemain sebanyak 19 ribu orang. Walikota bandung ridwan kamil mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian puncak acara konferensi asia afrika yang ke 60. Dia juga optimistis pertunjukan kolosal alunan angklung ini bakal menembus rekor guineses world of record. Namun pengesahan rekor dunia ini belum bisa terlaksana karena pihak guiness harus melakukan penghitungan terlebih dahulu secara akurat. Pada kesempatan ini lebih dari 20 ribu orang memainkan alat music angklung. Mereka secara serentak menyanyikan lagu halo halo bandung dan we are the world.
Share:

1 comment:

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com