blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Sunday, 31 May 2015

Fakta Dibalik Duel Akbar Myweather VS Pacquiao

Anda pasti masih ingat dengan pertarungan tinju akbar yang digelar di las vegas amerika serikat pada tanggal 3 mei lalu. The fight of the century itulah title pertarungan yang telah ditunggu lama oleh masyarakat dunia. Status kedua petinju Floyd mywheater jr dan many packiao yang dianggap sebagai dua petinju terbaik dunia saat ini menjadi sebab melambungnya duel tersebut.

Floyd mywheater junior berbekal rekor tak terkalahkan dari 47 pertarungan professional yang dimulainya sejak tahun 1996 dengan torehan 26 K.O . sementara many packiao merupakan petinju professional Filipina berusia 36 tahun dengan memiliki rekor 57 kemenangan dengan 38 K.O, 5 kali kalah dan 2 kali seri.

Keduanya telah mengalahkan nama nama besar seperti Oscar de lahoya, marco Antonio barera, Erick morales, juan manuel marquez dan rickie hatton. Pertarungan yang akhirnya dimenangkan oleh myweater ini menuai banyak kontrofersi dan menyimpan fakta fakta mencengangkan dibaliknya.


Dahsyatnya Perputaran Uang

Pertandingan terbesar abad ini adalah duel termahal sepanjang sejarah dan beragam label lainnya mengiringi pertarungan Floyd myweather junior vs many pacquiao. Pertarungan keduanya akan diingat sebagai salah satu event olahraga yang melibatkan uang dalam jumlah luar biasa besar. Disebutkan bahwa duel tersebut bisa menghasilkan sampai 500 juta dollar amerika atau sekitar 6,5 trilliun rupiah. Angka tersebut didapat dari hasil penjualan tiket, bayaran hak siar, hadiah, dan juga merchandise.

Hal itu menunjukkan bahwa animo dan hysteria massa baik di dunia khusunya di amerika sangat besar dan menilai sangat ekonomis bagi sejumlah industry yang melibat pertandingan tinju terbesar sepanjang sejarah ini. dendan hasil sebanyak itu banyak rekor yang dipecahkan. Hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit saja, tiket untuk umum terjual habis. Padahal harga tiket termurah dipatok harga 1500 dollar amerika atau sekitar 19,5 juta rupiah. Sedangkan yang termahal dibandrol 7500 dollar amerika serikat atau kurang lebih 97,5 juta rupiah.

Berdasarkan kontrak, jika pemasukan mencapai 180 juta dollar amerika serikat yang setara 2,7 trilliun rupiah maka akan dibagi dengan komposisi 60 dibanding 40 dimana myweather mendapatkan porsi yang lebih besar. Sementara jika pemasukan didapat lebih banyak lagi maka pembagiannya menjadi 51 dibanding 49.duel ini juga memecahkan harga rekor tayangan paling mahal. Di amerika serikat myweather vs pacquiao ditayangkan dengan system pay per view dimana untuk menyaksikan duel 12 ronde ini harus membayar 99,99 dollar amerika serikat atau sekitar 1,3 juta rupiah untuk kualitas High Definition dan 89,95 dollar atau 1,1 juta rupiah untuk standart definetion.

Dongeng Kejahatan dan Kebaikan

Pertarungan tinju yang disebut sebagai pertarungan abad ini dilukiskan sebagai pertarungan antara kejahatan melawan kebaikan. Myweather menjadi sosok antagonis sementara pacquiao berada di sisi sebaliknya. Myweather di kenal sebagai sosok yang Bengal, beberapa kali terlibat dalam kekerasan rumah tangga dan pernah juga berada di balik jeruji selama 3 bulan. lain halnya dengan pacman, sebagai sosok protagonist yang juga dikenal sebagai sesosok dermawan. Pacquiao lahir di keluarga yang miskin di kawasan pesisir filiphina. Sempat bercita cita sebagai pemain basket, pacquiao mengiringi kehidupan remajanya sebagai petinju jalanan di Negara asalnya.

Myweather sebagai petinju terkaya

Jika sebagian besar petinju memiliki julukan lantaran aksinya diatas ring, tidak demikian dengan Floyd myweather. Petinju ini memiliki julukan yang jauh dari kesan garang atau fisik seorang petinju. Adalah money, julukan yang ia peroleh lantaran kehidupan kesehariannya tak lepas dari gemerlap kekayaan. Ia pun tak pernah sungkan memamerkan kekayaanya dihadapan public baik melalui akun media social atau ketika ia berada dalam sorotan media.

Yang membuatnya unik, julukan tersebut ia dapat bukan dari orang lain melainkan dirinya sendiri. Dikemukakan pandangan dari beberapa mantan petinju mengenai ayah dari 4 orang anak ini bukanlah petinju yang mengandalkan pukulan berbahaya dan membuat lawannya tumbang seketika. Meski memenangkan banyak pertarungan diatas ring, gaya bertinju myweather tidaklah ganas. Dikatakan bahwa myweather lebih mengandalkan taktik dan kecerdasan membaca situasi diatas ring.

Kekayaan myweather yang luar biasa bukanlah hal yang aneh, pasalnya petinju asal amerika serikat masih berada di puncak daftar atlete dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2014 versi majalah forbes. Diungkapkan total kekayaannya mencapai 170 dollar amerika atau sekitar 1,8 trilliun rupiah yang mengalahkan mega bintang real Madrid Cristiano Ronaldo. Menurut forbes, myweather menghasilkan 105 juta dollar pertahunnya atau setara 1,2 trillun rupiah.

Pacquiao Hadapi Tuntutan Hukum

Pacman harus menghadapi tuntutan hukum lantaran dirinya dituduh membohongi masyarakat. Kasus bermula ketika komisi olahraga Nevada menyebutkan bahwa pacquiao tidak menyebutkan bahwa dirinya sedang menderita cedera ketika mengisi formulir ketika laga akan berlangsung. Dalam formulir tersebut terdapat salah satu pernyataan yang menyebutkan tentang cedera yang sedang diderita yang memerlukan pemeriksaan mendalam. Formulir itu sendiri memiliki konsekuensi hukum dimana petinju bersumpah di bawah hukum bahwa informasi yang diisikannya adalah benar.

Tak pelak ketika ia mengumumkan sedang menderita cedera bahu. pacman dituduh membohongi public, dalam hal ini pembeli tiket laga, penonton televise dan orang orang yang berjudi. Dikarenakan tidak terbuka tentang cederanya tersebut. Tidak hanya pacquiao yang terancam terkena sanksi dan hukuman, pelatihnya frederik dan penasehat pacman juga akan mendapatkan hukuman.

Sebab dengan memberikan keterangan palsu, maka sama dengan menyalahi aturan hukum di Negara Nevada. Sampai saat ini belum diketahui kapan sanksi tersebut akan dijatuhkan karena pihak Nevada atletik komision masih akan meniliti dan mengumpulkan semua data dan bukti , saksi dalam kasus tersebut.

Meme Lucu Seputar Pertarungan

Berkaitan dengan hasil mega duel ini , para legenda petinju dunia memiliki pendapat yang berbeda beda. Beberapa dari mereka menganggap duel yang bergelar pertarungan abad ini berjalan anti klimaks dan tidak adil. Namun ada juga yang sebaliknya, public menganggap bahwa pacquiao lebih pantas menand dibandingkan myweather karena tampil lebih agersif disepanjang 12 ronde.

Salah satu legenda tinju yang kecewa adalah mike Tyson. Ia mengungkapkan bahwa duel myweather vs pacquiao tidak sehebat gelar yang mengiringi laga tersebut. Legenda tinju lain yang juga kecewa adalah Oscar de la hoya, pria yang sempat bertarung dengan myweather dan pacquiao ini meminta maaf kepada para pecinta tinju dunia atas anti klimaksnya laga tinju tersebut. Namun berbeda dengan Tyson dan de la hoya, luis menganggap pertarungan berjalan baik baik saja. Luis menganggap myweather pantas menang dibanding pacqiao. Banyak public yang mengungkapkan hasil tersebut dengan membuat meme yang menyindir petinju yang memiliki julukan money tersebut.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com