blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Saturday 8 August 2015

8 Wisata Mistis di Banyuwangi


Banyuwangi adalah salah satu kabupaten dengan tingkat kemajuan paling tinggi di jawa timur maupun di indonesia. namun dibalik kemajuannya yang sekarang ini, banyuwangi memiliki sejarah mistis yang sangat kuat, salah satunya adalah tragedy 1998 yang menewaskan banyak orang yang dicurigai memiliki ilmu ghaib. Kabupaten yang pernah dijuluki “Kota Santet” ini memiliki tempat-tempat yang berbau mistis. Tak heran jika banyuwangi menjadi tujuan bagi orang – orang yang ingin mempelajari ilmu hitam atau bertapa. Lalu apa saja tempat wisata mistis yang ada di banyuwangi? Berikut ini ulasannya

Goa istana


goa yang terletak di alas purwo ini sering dijadikan oleh orang untuk bersemedi. Bahkan sang bapak proklamator Indonesia yaitu bung karno pernah bersemedi disini. Karena banyaknya orang yang bersemedi di tempat ini, maka tak heran jika banyak ditemukan sesajen disini. Selain itu umat hindu juga sering mengadakan ritual di tempat ini.

menurut cerita rakyat setempat disinilah bung karno bertemu dengan penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. pada jaman dahulu disinilah para raja raja berkumpul dan bertukar pikiran serta menenangkan diri. goa ini yang paling sering dikunjungi untuk bertapa ataupun mencari ilmu ghaib. menurut pandangan dari seorang paranormal. goa ini di jaga oleh dua prajurit bertubuh besar. dan banyak makhluk dari bangsa jin yang tinggal disini. dan di goa ini jugalah pusat dari alas purwo. bagaikan sebuah kerajaan. disinilah keratonnya.

Rowo bayu


disinilah awal mula kabupaten banyuwangi lahir, Pada 18 desember 1771, ditempat ini terjadi pertempuran antara kerajaan blambangan dengan belanda. Dengan kesaktian para pati pati raja dan tekat rakyat blambangan, perang ini dimenangkan oleh kerajaan blambangan. Banyaknya korban yang berjatuhan membuat rawa ini menjadi hunian oleh makhluk halus.

salah satu sosok yang menjaga rawa bayu adalah seorang yang dinamakan nyai resek. wujud nyai resek sendiri mempunyai wajah yang cantik dan bijaksana. Disekelilingnya dijaga oleh prajurit prajurit dan perempuan perempuan yang lain. Tak heran jika rawa bayu pernah memakan tumbal seorang anak yang mandi di sekitar rawa.

Pantai boom


pantai yang dulu dijadikan sebagai pelabuhan utama kota banyuwangi ini ternyata pernah terjadi tragedy yang mengerikan yaitu tragedy INKAI. Tragedy ini memakan banyak korban, penyebabnya adalah air laut yang tiba tiba gelombang besar datang sehingga menyeret karateka yang latihan disana ke laut. Tercatat terdapat 26 karateka yang meninggal termasuk dengan sang pelatih.

ketika ada supranatural yang menyelidiki kejadian tersebut, mereka mendapatkan serangan dari ribuan jin yang datang dari laut hingga salah satu kru dari mereka kerasukan namun masih bisa diatasi oleh sang supranatural. Menurutnya di tempat ini merupakan dapur dari kerajaan besar bangsa jin dan pusat dari kerajaan tersebut berada di alas purwo.

Watu dodol


Pantai yang dulunya menjadi destinasi favorit banyuwangi ini teryata memiliki sejarah yang kental akan dunia lain. Itu terbukti dari peristiwa yang pernah terjadi disini, salah satunya adalah dukun yang pernah di gantung hidup – hidup disini. Selain itu, disini juga terdapat beberapa monument yang dipercayai memiliki hubungan dengan dunia ghaib, sebut saja patung gandrung yang menjadi ikon dari kabupaten banyuwangi ini. Patung ini jika malam akan terlihat bergerak sendiri dan menari – nari.

Ada juga batu besar yang ada di tengah jalan watu dodol. pada jaman pemerintahan belanda dulu batu ini sempat akan dipindahkan agar tidak menghalangi jalan. namun dalam upayanya memindahkan batu ini tidak membuahkan hasil, berbagai cara telah dilakukan termasuk menariknya dengan kapal besar, Akan tetapi yang terjadi kapal tersebut malah yang tenggelam. Batu ini diyakini sebagai paku bumi pulau jawa, jika batu ini dihancurkan maka pulau jawa akan tenggelam.

Dibibir pantai watu dodol terdapat sebuah sumur kecil yang katanya disitulah tempat lahir sunan giri. Dan air yang ada di dalam sumur tersebut dipercaya berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Selain ketiga monument diatas, di watu dodol juga terdapat sebuah bunker peninggalan jepang yang dulunya digunakan sebagai tempat pengintai kapal musuh. di dalam bunker ini sangatlah gelap dan ujung dari bunker ini ditutup dikarenakan adanya hewan buas seperti macan. Namun ada juga cerita yang mengatakan bahwa di ujung bunker ini bisa tembusa sampai ke alas purwo.

Pabrik saranite


salah satu pabrik kapal yang sudah tidak beroprasi lagi ini sering terjadi hal hal aneh. Itulah salah satu penyebab mengapa pabrik ini tidak beroprasi lagi. Salah satu kejadian yang mengagetkan adalah kapal baru yang tiba tiba berada di dermaga, padahal tidak ada yang memindahkan. Konon kapal tersebut pindah sendiri karena belum di “SELAMETI”.

di pabrik ini juga terdapat sebuah cerobong asap yang katanya menjadi sangkarnya seekor naga besar. selain dijaga oleh seekor naga di tempat ini juga dihuni oleh noni noni belanda yang mendiami perumahan yang berada tak jauh dari pabrik.


Rumah sakit inggris


bekas rumah sakit yang berada di depan gesibu blambangan ini memiliki sejarah yang kelam. Tempat ini pernah dijadikan sebagai tempat pembantaian oleh belanda. Di tempat ni juga terdapat pohon bringin yang besar. menurut warga sekitar, jika malam telah tiba terdengar suara jeritan jeritan minta tolong dan katanya sering terjadi penampakan seorang noni belanda yang berlalu lalang disini.


Keraton Macan putih


keraton yang didirikian oleh prabu tawang alun ini adalah tempat yang disakralkan oleh warga sekitar. Warga sekitar mempercayai bahwa ditempat inilah prabu tawang alun muksa atau menghilang jasadnya dan kembali kepada tuhan. Menurut pandangan seorang supranatural, tempat ini dijaga oleh seekor macan putih. Dan didalam keraton ada jin yang mengaku sebagai prabu tawang alun.


Alas purwo


las Purwo, alas yang memiliki luas sebesar 434 km. merupakan salah satu taman nasional terbesar di indonesia yang menampung ribuan flora dan fauna di pulau jawa. selain dikenal dengan cagar alam yang indah. Alas Purwo juga dikenal dengan hutan terangker dan menjadi misteri yang tak terpecahkan hingga saat ini. penduduk setempat percaya bahwa ditempat ini tempat berkumpulnya jin seantero nusantara.

baca juga Keangkeran Alas Purwo

Konon sejak sebelum masa penjajahan tidak ada satu orang manusia pun yang bisa pulang dengan selamat ketika memasuki Alas Purwo. bahkan manusia yang meninggal di tempat ini tidak bisa ditemukan jasadnya. bagi yang bisa keluar dengan selamat dari tempat ini maka akan mendapatkan musibah dan kecelakaan. karna mitos gaib yang melegenda, banyak orang datang kesini untuk menimba ilmu gaib dan bertapa disini. lebih dari 40 goa terdapat di tempat ini. dan hampir semuanya dihampiri orang untuk melakukan pertapaan.
Share:

2 comments:

  1. Widih rowo bayu iki angker pisan?
    Lek watu dodol iku pancen temenan wess.

    ReplyDelete
  2. Loh iyo ta? Mosok watu dodool angker seh?

    ReplyDelete

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com