blog yang berisi tentang semua hal tentang indonesia, mulai dari budaya,kuliner,tempat wisata, tokoh, fauna.

Friday 26 February 2016

7 Danau di Indonesia yang Dipenuhi Mitos Angker

Danau adalah sejumlah air tawar yang terkumpul di suatu tempat berbentuk cekungan yang luas, danau bisa terbentuk oleh banyak sebab, baik itu peristiwa alami atau buatan manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak danau indah dan jadi objek wisata dunia. Namun ternyata ada hal lain yang bisa menjadi daya tarik suatu danau, yaitu kisah misteri yang membayanginya. Benar atau tidak kisahnya banyak diantaranya belum terbukti alias hanya kepercayaan masyarakat saja. Berikut ini 7 Danau terangker yang ada di indonesia :

Danau Toba - Sumatera Utara


Danau toba merupakan danau terluas di indonesia dan asia tenggara, danau ini terkenal di seluruh dunia. Salah satu alasan mengapa danau ini terkenal adalah pemandangannya yang indah, ditambah lagi keberadaan pulau samosir di tengah - tengahnya yang menambah pesona danau ini. Namun dibalik keindahan tersebut ada kisah misteri cukup menyeramkan seputar danau toba, konon diantara salah satu pemuda yang bermain di danau toba pada waktu malam kabarnya melihat seorang wanita mendatangi teman - temannya, wujud wanita tersebut sangatlah putih dan berwajah rata, warga setempat juga sering mendengar suara tangisan pada malam hari dari salah satu sudut danau. Tangisan tersebut diyakini sebagai rintihan para korban yang pernah tenggelam di danau tersebut.

Danau toba juga terkenal dengan keberadaan makhluk misterius yang kadang muncul di foto - foto jepretan para pengunjung danau.


Danau Tolire - Ternate

Sumber : Lostpacker.blogspot.com
Selanjutnya adalah danau tolire yang ada di ternate, maluku utara. Ternate memang terkenal dengan banyak kisah legenda, salah satunya berkaitan dengan danau tolire. Para wisatawan datang ke tempat ini bukan hanya ingin melihat keindahan alam yang tersaji di danau tolire. Tapi sebagian dari mereka juga ingin tahu lebih banyak tentang misteri yang terkandung didalamnya.

Menurut legenda, danau ini dulunya sebuah kampung yang dikutuk dan tenggelam menjadi danau karena salah satu ayah di kampung tersebut menodai anaknya sendiri. Kini danau tolire ada dua, tolire besar dan kecil. Di tolire besar yang merupakan air tawar banyak terdapat ikan, tetapi masyarakat setempat tidak ada yang menangkap ikan disana karena mereka yakin danau ini dihuni buaya siluman. Konon danau siluman ini sering terlihat di tengah danau, warnanya putih dengan panjang 10 meter. Namun tentu saja tidak semua orang dapat melihat siluman buaya tersebut.

Danau Gunting - Bogor


Berikutnya adalah danau gunting, danau ini terletak di belakang istana bogor. Ukurannya kecil mirip dengan gunting, karena itulah danau ini terkenal dengan danau gunting. Kisah misteri tentang danau ini menyebutkan bahwa salah satu sudut danau gunting dihuni oleh makhluk astral bertubuh besar dan hitam. Ditengah danau ini terdapat sebuah pulau kecil yang juga tak lepas dari kisah misteri, banyak yang mengaakan bahwa pulau yang dijadikan rumah burung tersebut sering terlihat sosok supranatural wanita menggunakan pakaian belanda, Makhluk ini dikenal dengan noni belanda.

Danau Sunter - Jakarta Utara



Lokasi yang berada di tengah kota ternyata bukan jaminan bahwa danau sunter tidak angker. Danau yang berada di kawasan perkotaan ini ternyata memiliki banyak kisah misteri yang sampai saat ini belum terungkap, banyak danau tenggelam di danau ini dan tidak pernah bisa ditemukan kembali. Menurut warga disekitar danau, penghuni dasar danau sunter yang menjadi penyebab kasus tenggelam dan hilangnya korban yang tenggelam di danau sunter.

Konon pulau kecil yang berada ditengah danau ini merupakan istana para siluman buaya, kabarnya beberapa warga mengaku melihat sesosok buaya putih yang ukurannya lebih besar daripada buaya umumnya. Hal ini semakin menguatkan keangkeran danau sunter, danau yang luasnya hanya 15 hektar tersebut kini memang tak semistis dulu, karena sudah banyak bangunan seperti apartement didekatnya. Bahkan tempat ini sudah menjadi lokasi wisata rekreasi untuk olahraga air.

Danau Ranu Kumbolo - Jawa Timur



Ranu kumbolo pastilah tidak asing bagi para pendaki gunung, terutama bagi mereka yang pernah menaklukkan semeru. Ranu kumbolo merupakan tempat para pendaki semeru beristirahat dan berkemah. Kabarnya para pendaki yang sering melihat sesosok wanita dari tengah danau, terutama pada malam bulan purnama. Penglihatan tersebut diyakini sebagai dewi penunggu ranu kumbolo.

Selain itu di danau ini juga terdapat ikan mas yang tidak diketahui asal - usulnya. Menurut penduduk setempat, ikan - ikan tersebut merupakan jelmaan dari para dayang penunggu dewi ranu kumbolo. Karena itu ada larangan tidak tertulis agar tidak mengambil atau mengganggu ikan - ikan tersebut.

Danau Rawa Pening - Semarang


Danau rawa pening terletak di selatan kota semarang, tentu saja danau ini sangat indah tetapi juga menyimpan banyak sekali cerita misterius. Salah satu kisah legenda menyebutkan bahwa terbentuknya danau ini sangat erat kaitannya dengan kisah siluman ular yang bernama barok klenteng, dari danau ini mengalir sebuah sungai besar yang dibendung pemerintah untuk pembentuk listrik tenaga air alias PLTA, masyarakat sekitar percaya bahwa danau sungai tersebut merupakan bagian dari kerajaan lelembut.

Konon kadang kala pada malam hari terdengar suara tabuh gamelan yang cukup keras bergema di sekitar danau dan sungai, mirip dengan tabuhan pewayangan atau seperti suara hajatan yang sedang digelar. Padahal tidak ada penduduk yang menggelar hajatan. Jika dicari, sumber suara tersebut berasal dari seberang danau atau sungai tersebut. Tetapi jika dicari ke seberang, suara tersebut berpindah ke sisi sebrangnya.

Menurut warga sekitar, suara - suara tersebut merupakan pertanda bahwa keesokan harinya pasti akan ada orang tenggelam. Namun selama ini tidak terbukti, khususnya bagi penduduk lokal.

Danau Gunung Tujuh - Jambi


Danau gunung tujuh yang berada di kawasan taman nasional kerinci jambi tak hanya terkenal dengan keindahannya. Danau ini juga terkenal karena cerita misterius tentang orang pendek yang menjaga kawasan tersebut, orang pendek tersebut adalah makhluk kecil setinggi 50 meter. Kabar yang beredar mengatakan bentuknya merupakan kombinasi antara manusia dan orang utan, mahluk ini tidak berekor dengan telapak kakinya yang menghadap ke belakang. Beberapa penduduk sekitar danau mengaku pernah melihatnya meski hanya sekilas karena pergerakan makhluk tersebut yang sangat cepat.

Organisasi non profit internasional World Wide Fun (WWF) bahkan pernah ikut mendanai penelitian tentang misteri ini, sejumlah kamera pun dipasang di hutan kawasan danau, namun hingga kini makhluk tersebut tidak bisa ditemukan dan tetap menjadi sebuah misteri.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Asli Indonesia | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com